Gunung Mujur di Malang Ini Punya Mitos Pesugihan

Oktavianto Prasongko
Gunung Mujur juga penuh sarat dengan hal-hal mistis. (Foto: Tangkapan Layar)

MALANG, iNews.id - Tidak hanya Gunung Kawi saja yang terkenal dengan mitos pesugihan. Di daerah Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang juga terdapat Gunung Mujur yang diyakini sebagian masyarakat dapat membawa kemujuran atau keberuntungan jika saat datang ke sana dengan maksud memiliki niat baik.

Untuk lebih tepatnya Gunung Mujur sendiri adalah nama sebuah perbukitan di lereng Gunung Arjuna. Apabila dilihat dari geografis, gunung ini tepatnya terletak di Desa Donowarih dan Desa Ngenep, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang. Berjarak sekitar 10 kilometer dari Kota Batu.

Menurut informasi dari warga sekitar, Gunung Mujur juga penuh sarat dengan hal-hal mistis. Karena dikaitkan dengan hal-hal mistis, ada berbagai mitos yang berkembang di masyarakat terkait dengan gunung tersebut.

Mari kita simak mitos apa saja yang berkembang tentang Gunung Mujur sebagai berikut ini:

1. Bisa Membawa Kemujuran

Sebagian masyarakat percaya bahwa datang ke Gunung Mujur dengan membawa niat baik akan berimbas pada kemujuran atau keberuntungan.

Kemujuran tersebut bisa berbentuk  rezeki, jodoh dan sebagainya. Terlebih jika datang ketika malam Jumat Legi.

Namun bila datang dan memiliki niat buruk atau jahat, tentunya niat tersebut akan kembali ke dirinya sendiri atau bisa dikatakan senjata makan tuan.

2. Terdapat Makam Keramat

Jika sampai di Gunung Mujur, mata wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan hutan pinus yang tumbuh dengan sangat lebat. Suasana dan hawa segar selalu terpancar ketika menuju ke Gunung Mujur.

Wilayah ini sudah lama dikenal sebagai tempat wisata religi. Ini karena keberadaan sebuah makam yang disakralkan. Dan untuk mencapai makam ini, pengunjung harus menaiki anak tangga sejauh 100 meter seperti menaiki sebuah candi.

Menurut warga, makam itu adalah makam Setakumintir, seorang patih di Kerajaan Blambangan sekarang bernama Banyuwangi. Namun ada juga yang berpendapat bahwa itu adalah makam Ki Ageng Kertojoyo.

Wisatawan yang datang ke makam tersebut untuk berdiam diri atau meditasi diyakini apabila berhasil meditasi di tempat tersebut akan mendapatkan wisik atau bisikan dari doa yang telah dipanjatkan.

3. Datang 7 Kali Bisa Cepat Dapat Berkah

Mitos juga berkembang bahwa jika wisatawan datang ke Gunung Mujur selama 7 kali berturut-turut maka akan mendapatkan berkah tersendiri bagi kehidupannya.

(Penulis: Oktavianto Prasongko)

Editor : Ali Masduki

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network