Perjuangan Panjang Si Kembar Anak Berkebutuhan Khusus Asal Gresik Masuk Unesa, Tak Takut Bersaing

Arif Ardliyanto
Disabuilitas Wanda Nur Nabilah dan Windi Nur Fadilah mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) di Unesa dengan menggunakan alat dan layanan khusus. Foto iNewsSurabaya/ist

Dia menambahkan peserta disabilitas tersebut merupakan tunanetra yang ujiannya memang difokuskan di ruangan khusus dengan perlengkapan yang khusus pula. Komputer mereka dilengkapi software Non Visual Desktop Access (NVDA).

"Peserta ini membaca atau memahami soal lewat bantuan alat khusus itu. Selain itu juga ada perlengkapan yang dibutuhkan lainnya," ujarnya.

Direktur Disabilitas Unesa, Wagino menambahkan, Unesa juga memberikan pelayanan yang khusus untuk peserta disabilitas di antaranya pendamping khusus dari mahasiswa dan dosen Pendidikan Luar Biasa (PLB) yang membantu mereka ketika datang dan masuk ruangan tes dan dari ruangan tes kembali ke titik penjemputan.

Selain itu, pengawas yang bertugas untuk sesi khusus disabilitas itu pun merupakan dosen yang memang memiliki latar belakang Pendidikan Luar Biasa (PLB). "Tugas pengawas memastikan tidak ada kecurangan, memfasilitasi agar peserta nyaman mengerjakan tes, memastikan sistem berjalan lancar. Jadi ketika ada trouble bisa segera diatasi," ucap Wagino.

Semua pelayanan, pendampingan dan akses yang UNESA berikan prinsipnya adalah untuk memberikan kenyamanan peserta dalam melakukan tes UTBK agar bisa kuliah di kampus impian mereka.

“Berapapun disabilitas yang tes di sini, kami berkomitmen memberikan pelayanan yang raman dan maksimal. Mereka yang ikut tes ini kan tidak semua ambil prodi di sini, tetapi kebanyakan memang memilih prodi di UNESA. Intinya kami memperhatikan betul kenyamanan peserta baik saat tes maupun saat kuliahnya bahkan sampai lulus," lanjutnya

 

Editor : Arif Ardliyanto

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network