Ekspor Batu Bara Indonesia Melambung, Ini 10 Negara yang Membutuhkan

Arif Ardliyanto
Indonesia memutuskan untuk menghentikan pasokan batu bara hingga 13 Januari 2022.

JAKARTA, iNews.id – Ekspor batu bara menjadi andalan Indonesia, karena Indonesia merupakan Negara dengan pemasok terbesar di dunia. Saat ini, Indonesia memutuskan untuk menghentikan pasokan batu bara hingga 13 Januari 2022.

Ada sepuluh negera yang selama ini mengambil batu bara dari Indonesia, jumlahnya terus mengalami peningkatan. Pada 2017, Indonesia mengekspor batu bara sebesar 286,94 juta ton. Di tahun berikutnya, naik 24% menjadi 356,39 juta ton. Ekspor batu bara RI terus meningkat.

Pada 2019, ekspor batu bara melonjak 27,5% menjadi 454,50 juta ton. Namun pada 2020 mengalami penurunan 11%. Dalam realisasi ekspor batu bara Indonesia tahun 2020, tercatat 405 juta ton.

Dari data laman esdm.go.id, berikut 10 daftar negara tujuan ekspor batu bara Indonesia:

1. China

Indonesia megekspor batu bara ke negeri tirai bambu ini sebesar 127,7 juta ton. Nilai ekspor tersebut setara dengan 32 persen dari total volume ekspor tahun 2020.

2. India

India menjadi negara tujuan ekspor batu bara terbesar kedua Indonesia. Nilainya sekitar 97,5 juta ton atau sekitar 24 persen dari total volume ekspor batu bara Indonesia.

3.Filipina

Filipina adalah negara yang memiliki tingkat ketergantungan tinggi terhadap impor batu bara Indonesia. Diketahui Indonesia melakukan ekspor batu bara ke negara tersebut sebesar 27,4 juta ton.

4. Jepang

Jepang mendapatkan pasokan batu bara Indonesia sebesar 26,9 juta ton. Sebagaimana kita ketahui, pembangkit listrik dan manufaktur Jepang bergantung pada pasokan batu bara dari Indonesia sekitar 2 juta ton per bulan.

5. Malaysia

Indonesia mengekspor batu bara sebesar 26,1 juta ton ke negeri jiran, Malaysia.

6. Korea Selatan

Tercatat, Korea Selatan mendapatkan batu bara dari Indonesia senilai 24,7 juta ton.

7. Vietnam

Negara utama asal batu bara yang diimpor oleh Vietnam adalah Indonesia, Rusia, dan China. Diketahui, Indonesia memasok batu bara ke negara Vietnam sebesar 17,8 juta ton.

8. Taiwan

Indonesia menyuplai batu bara ke Taiwan sebesar 17 juta ton.

9. Thailand

Sebagai tujuan ekspor batu bara Indonesia, Thailand disuplai sebanyak 16,8 juta ton.

10. Bangladesh

Posisi ke 10 sebagai negara tujuan ekspor batu bara Indonesia adalah Bangladesh. Negara tersebut mendapat pasokan batu bara dari Indonesia sebesar 7,2 juta ton.

Saat ini, Indonesia secara resmi melarang ekspor batu bara selama sebulan pada periode 1 - 31 Januari 2022 lantaran adanya krisis pasokan di dalam negeri.

Penulis : Tim MPI/MNC Group

 

 

Editor : Arif Ardliyanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network