Baju Pinjaman Petugas Loloskan Peserta UTBK UNESA Ikut Ujian, Ini Cerita Menariknya

Arif Ardliyanto
Baju Pinjaman Petugas Loloskan Peserta UTBK UNESA Ikut Ujian. Foto iNewsSurabaya/ist

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Salah satu peserta hampir tidak bisa mengikuti tes UTBK di Universitas Negeri Surabaya (UNESA) Kampus Ketintang, Surabaya pada Kamis (25/5/2023). Gara-garanya, peserta yang bernama Ozzy Bulte mengenakan kaos. Itu tidak sesuai dengan ketentuan tes.

Peserta asal Sidoarjo itu menceritakan bahwa dia mengikuti tes sesi sore di Lantai 3, Gedung FMIPA. Dari rumah dia mengenakan sepatu, celana panjang dan membawa dokumen yang disyaratkan, hanya saja memang berkaos. 

Itu tidak dia sadari sampai akhirnya ditegur salah satu pengawas UNESA ketika pengecekan metal detector di depan ruangan. Dia beralasan tidak mendapatkan informasi mengenai ketentuan berpakaian peserta UTBK.

"Saya gak tahu informasi dan gak gabung grup peserta UTBK gitu. Tadi di rumah sempat kepikiran sih mau bawa baju hem. Karena kepepet dan baru saja jemput adik pulang, saya takut telat dan macet di jalan, jadinya ke sini pake kaos dan hoodie saja," ucap Ozzy.

Pada saat itu, tim IT UTBK, Fino Ardiansyah yang saat itu baru saja memeriksa perangkat di ruangan tes meminjamkan hemnya kepada Ozzy.

"Pengawas suruh saya cari kemeja kan, karena posturnya beda. Namun, karena waktunya mepet banget jadinya tak suruh pakai baju saya saja. Saya bilang, pakai saja, yang penting kamu bisa ikut tes," cerita Fino.

Kebetulan, Fino saat itu juga mengenakan baju dalam dan ada hoodie, jadinya ketika hemnya dipinjamkan ke peserta tidak jadi masalah buatnya. "Saya harap dia nyaman, soalnya baju itu saya pake buat aktivitas sejak subuh tadi, jadinya agak berbau keringat gitu," kata Fino.

Setelah selesai menjalani tes, Ozzy menyampaikan ucapan terima kasih berkali-kali kepada Fino. Dia merasa sangat terbantu. Peserta tersebut mengatakan bahwa tesnya berjalan lancar dan tidak ada kendala apa-apa.

"Semoga saja bisa lulus, kebetulan pilihan pertama saya prodi S-1 Teknik Elektro Unair dan pilihan keduanya S-1 Teknik Informatika UNESA," ucapnya.

Kasubdit Penerimaan dan Kelulusan Mahasiswa, Dr. Sukarmin, M.Pd., mengatakan bahwa dari tes sesi pertama sampai hari ini baru kali pertama ini peserta mengenakan kaos. Sempat ada kasus yang sama, tetapi itu tahun lalu ada satu peserta yang tidak mengenakan sepatu, tetapi dipinjamkan sepatu oleh tim UNESA. 

Dia menegaskan, untuk syarat dan ketentuan UTBK sudah disosialisasikan jauh-jauh hari dalam berbagai kesempatan. Bahkan di media sosial dan website panitia pusat sudah ada, begitupun dengan di media sosial dan website kampus penyelenggara.

"Ketentuan tesnya sudah ada semua. Di website ada, di media sosial UNESA juga ada. Bahkan beritanya banyak. Jauh-jauh hari kami sudah menghimbau kepada peserta untuk mengecek informasi, cek syarat dan ketentuan tes," ucapnya.

Agar tidak terjadi hal yang sama, Sukarmin menghimbau kepada peserta sesi berikutnya untuk membaca kembali ketentuan tes, memeriksa kembali dokumen yang disyaratkan. "Selain itu juga perlu mempersiapkan diri. Harapan kami semoga adik-adik tesnya nyaman dan lancar dan hasilnya sesuai harapan," ucap Sukarmin. 

Editor : Arif Ardliyanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network