Mahasiswa UPN Jawa Timur Bantu UMKM Manfaatkan Digital Marketing, Ini Caranya

Arif Ardliyanto
Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jawa Timur turun ke masyarakat mendampingi warga yang memiliki UMKM supaya mengimplementasikan digital marketing. Foto iNewsSurabaya/ist

SURABAYA, iNewsSurabaya.id – Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jawa Timur turun ke masyarakat. Mereka mendampingi warga yang memiliki UMKM supaya mengimplementasikan digital marketing.

Keputusan turun ke masyarakat karena selama ini pemerintah terus mendorong pengembangan talenta digital dan digitalisasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Berbagai program dilakukan agar UMKM dapat mengikuti perkembangan proses digitalisasi dan dapat segera naik kelas.

Program yang difasilitasi Pemerintah antara lain seperti Kartu Prakerja, Gerakan Nasional Literasi Digital dengan target masyarakat umum, Digital Talent Scholarship dengan target pekerja level teknisi dan profesional, dan Digital Leadership Academy dengan target praktisi tingkat pimpinan (sektor publik dan swasta). Berbagai dukungan pembiayaan seperti KUR, BPUM, Subsidi Bunga Non-KUR akan terus dilanjutkan di tahun ini guna memastikan UMKM benar-benar pulih dan dapat naik kelas.

“Kami mengimplementasikan ilmu digital marketing pada salah satu pelaku UMKM di daerahnya,” kata Salah Satu mahasiswa UPNVJT dari Program Studi Administrasi Bisnis, Adistya Pramudyana.

Salah satu pelaku UMKM yang mendapat pendampingan yakni Esa Trisnayanti yang merupakan seorang ibu rumah tangga sekaligus pemilik UMKM fashion yang menjual baju mulai dari dewasa sampai anak-anak serta aksesoris. Ia berada di daerah Kelurahan Ploso, Kecamatan Tambaksari, Surabaya.

Melalui sesi wawancara yang dilakukan kepada pemilik UMKM, beberapa permasalahan yang di hadapi dalam pemasaran produknya banyak di sampaikan. “Salah satu kendalanya itu produk-produk saya ini ya hanya dijual ke tetangga dan teman-teman terdekat saya saja mbak, belum pernah saya memasarkan lewat digital begitu karena saya kurang paham,” ujar Esa.

Padahal menurut Adistya, UMKM ini memiliki potensi yang besar jika di pasarkan melalui cara yang tepat yakni dengan memanfaatkan pemasaran digital. Oleh karena itu Adistya mulai membantu untuk memasarkan produk-produk Ibu Esa melalui internet. Langkah-langkah yang dilakukan Adistya antara lain : Pembuatan logo, Pembuatan foto produk, Pembuatan media soisal seperti Instagram, Tiktok, Facebook, Pengupload-an produk ke marketplace seperti Shopee dan Tokopedia, hingga Pembuatan Website.

Dengan langkah kecil yang dilakukan tersebut diharapkan dapat membantu pemberdayaan UMKM dan strategi marketing yang dijalankan dapat membuahkan hasil yang memuaskan, serta menjadi wadah pengimplementasian pengabdian kepada masyarakat sebagai salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi.

 

Editor : Arif Ardliyanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network