JCI Gelar Edukasi Pemilahan Sampah di Ponpes Bahrul Ulum Jombang

Lukman
JCI Jepang menyumbangkan tong sampah sekitar 60 juta rupiah. Foto/Lukman

JOMBANG, iNewsSurabaya.id - Junior Chamber International (JCI) Jepang menggandeng JCI East Java menggelar edukasi "Mari Pilah dan Kurangi Sampah" di Ponpes Bahrul Ulum Jombang.

Executive Vice President International Relations JCI East Java, Melia Winata mengatakan edukasi mengenai pilih dan pilah sampah karena JCI Jepang mempunyai kepedulian terhadap kebersihan sungai di Jatim.

"Dan karena itu JCI Jepang ingin mengadakan edukasi ini ke anak-anak Indonesia supaya mereka belajar milah sampah dan sampah nya tidak dibuang sembarangan," katanya.

Melia menambahkan, aksi peduli pilah sampah di Ponpes tersebut akan diikuti 20 orang dari JCI East Java dan Jepang dan menyasar belasan ribu orang dari 42 pondok pesantren di Jombang. Hal ini dilakukan karena JCI tak hanya bergerak di bidang kewirausahaan tetapi juga peduli dengan lingkungan dunia.

"Total hari ini disaksikan oleh 100 orang lebih dan diliput teman-teman media mewakili 46 ribath dan 14 ribu santri dan JCI East Java dan JCI Jepang, " ujarnya. 

"Dan untuk kali ini, program ini adalah program internasional pilar karena kita berhubungan dengan JCI Jepang yang juga menyumbangkan tong sampah sekitar 60 juta rupiah, dan juga kita kerjasama dengan PT Unicharm yang juga perusahaan Jepang dan didukung PT Kaldusari Nabati," imbuhnya. 

Terkait memilih dan memilah sampah, Head of Corporate Planning Department PT Uni-Charm Indonesia Tbk Heni Indrayati akan mengajak kerjasama pelatihan dan penyuluhan ke santri yang mengikuti program sosial ini.

"Kegiatan ini kolaborasi antara JCI punya program smile by water, kami punya edukasi pemilihan sampah jadi ni kayak sejalan tujuannya pentingnya memilah sampah," terang Heni.

Pemilahan sampah dinilai penting oleh Heni karena dapat berdampak pada pengurangan sampah dunia. "Mana sampah yang bisa didaur ulang, sampah yang bisa digunakan ulang seperti itu, pemilahan sampah-sampah berdasarkan jenisnya," pungkasnya.

Acara bakti sosial JCI dengan perusahaan Jepang ini juga dihadiri Konjen Jepang di Surabaya yakni Takeyama Kenichi.

Editor : Ali Masduki

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network