PT PAL Indonesia Raih Score 84,54 Lampaui Target Nilai dalam Asesmen GCG Tahun Buku 2022

Ali
PT PAL Indonesia secara berkala melaksanakan asesmen penerapan GCG. Foto/PT PAL

Untuk mengukur penerapan Good Corporate Governance (GCG) dan dalam rangka memenuhi kewajiban perusahaan yang tertuang dalam Peraturan Menteri BUMN No. PER-01/MBU/2011 tanggal 1 Agustus 2011 tentang Penerapan Tata Kelola Yang Baik (Good Corporate Governance) pada BUMN yang sebagaimana telah diganti dengan Peraturan Menteri BUMN Nomor : PER-2/MBU/03/2023 Tentang pedoman Tata Kelola dan Kegiatan Korporasi Signifikan BUMN. 

Menurut Abul Chair, penanggung jawab BPKP Provinsi Jawa Timur, PT PAL sebagai etalase industri dalam negeri, wajib untuk melaksanakan assessment GCG agar menjadi acuan dalam menjalani bisnis secara sehat dan beretika. Saat ini PT PAL sudah banyak melakukan perubahan baik atau improvement dibanding dengan tahun-tahun sebelumnya. 

"Semoga kedepannya PT PAL dalam segera meraih kategori “Sangat Baik” sehingga dapat menjadi industri pertahanan dengan tata kelola perusahaan yang baik dan berkelanjutan. Hal tersebut menjadi salah satu prasyarat agar iklim bisnis bisa semakin maju dan berkembang," tegasnya.

Sesuai dengan pasal 44 pada Peraturan Menteri BUMN, PT PAL Indonesia wajib melaksanakan penilaian (assessment) secara dua tahun sekali oleh asesor independen yang ditunjuk oleh PT PAL Indonesia dan disela-sela tahun tersebut dilaksanakan evaluasi (review) terhadap hasil penilaian dan tindak lanjut atas rekomendasi perbaikan dilakukan oleh BUMN yang bersangkutan (self assessment).

Agenda ini bertujuan untuk memaparkan hasil assessment GCG oleh Tim Asesor BPKP Perwakilan Jawa Timur. Tujuan Penilaian Pelaksanaan Good Corporate Governance (GCG) ini adalah untuk menilai implementasi GCG pada PT PAL Indonesia pada tahun buku 2022. Evaluasi tersebut dapat mengoptimalkan nilai BUMN sehingga memiliki daya saing yang kuat untuk mencapai maksud dan tujuan dari Badan Usaha Milik Negara. 

Asesmen GCG ini memiliki dampak yang signifikan bagi PT PAL Indonesia dimana dapat meningkatkan kepercayaan dari stakeholder dan shareholder. 

Keseluruhan pelaksanaan asesmen ini semata - mata untuk menunjang pelaksanaan keberlangsungan bisnis perusahaan, dimana tata kelola perusahaan memberikan nilai tambah yang berkelanjutan dan berjangka panjang bagi pemegang saham sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. 

Hal ini menjadi gambaran yang baik bahwa PT PAL Indonesia telah mengoptimalkan penerapan GCG sesuai dengan aturan yang berlaku dan para Insan PAL berintegritas terkait dengan penerapan GCG. 

Diharapkan PT PAL Indonesia akan terus menerapkan prinsip-prinsip GCG yang berlaku dalam semua proses bisnis yang dijalankan yaitu Transparansi, Akuntabilitas, Pertanggungjawaban, Kemandirian dan Keadilan.

Editor : Ali Masduki

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network