LPS Salurkan Bantuan 350 Pohon Untuk Penghijauan Sungai Meninting di Lombok Barat

Ali Masduki
LPS Peduli Bakti untuk Negeri menyalurkan bantuan 350 pohon buah untuk ditanam di sepanjang Sungai Meninting, Mambalan, Gunungsari, Lombok Barat, Jumat (28/7/2023). Foto/Istimewa

Selanjutnya, Arie menjelaskan sedikit tentang LPS dan peranannya dalam dunia perbankan. LPS kata Arie, adalah lembaga negara yang bersifat independen. Dalam tugasnya, LPS berada langsung di bawah Presiden Republik Indonesia.

LPS didirikan pada 2004 lalu berdasarkan UU Nomor 24/2004. Dan kini, LPS sudah memasuki usia ke-18 pada September 2023 mendatang. 

“Tugas utama LPS adalah menjamin seluruh dana simpanan nasabah perbankan di Indonesia sampai dengan Rp 2 Miliar per nasabah per-bank. Tentu dengan syarat yang harus dipenuhi sesuai UU  LPS,” terang Arie.

Syaratnya cukup mudah diingat, yang dikenal dengan istilah 3T. Yang pertama, adalah tercatat. Selanjutnya T kedua adalah tingkat suku bunga sesuai atau tidak melebih tingkat suku bunga LPS. Dan T Ketiga adalah tidak terindikasi melakukan fraud atau terbukti melakukan tindak pidana di bidang perbankan.

Pada Januari 2023 LPS melalui Undang-Undang Nomor 4 tahun 2023 tentang Pengembangan dan penguatan sistem keuangan, LPS mendapat mandat baru untuk menjamin polis asuransi di Indonesia. Dengan penambahan mandat baru ini, maka LPS memiliki peran yang lebih besar dalam menjaga perekonomian Indonesia.

Ditempat yang sama kepala desa Mambalan, Sayid Abdollah Alkaff berterima kasih dan menyambut baik program CSR LPS tersebut. 

Menurut dia, sebelumnya LPS bersama Komunitas Masyarakat Peduli Sungai Matakali Mambalan juga pernah menjalin kerjasama dalam upaya pelestarian lingkungan di kawasan Mandalika Lombok Tengah. Hanya saja, waktu yang ditanam adalah jenis pohon pelindung flamboyan.

“Dulu, sebelum digelarnya Moto GP, kami bersama LPS menanam sekita 200 pohon flamboyan di bundaran Mandalika. Sayangnya, setelah pohonnya hidup, pihak pengelola kawasan Mandalika justru mengganti pohon-pohon flamboyan itu dengan jenis bunga dan pohon lain,” jelas Kades yang akrab disapa Apink ini.

Kendati demikian, Apink yang juga pembina komunitas Matakali ini berharap, kerjasama pihaknya dengan LPS bisa berkelanjutan dan memberikan manfaat kepada masyarakat dan lingkungan sekitar.

“Tentu, kami sangat berterima kasih atas kehadiran dan kepedulian LPS dalam pelestarian lingkungan. Kami juga berharap, program LPS Peduli Bakti untuk Negeri ini bisa berkelanjutan di sungai Meninting. Mumpung saat ini pembangunan bendungan Meninting juga sedang menjadi salah satu program strategis nasional,” tandas Apink.

Editor : Ali Masduki

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network