SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Event Surabaya Great Expo (SGE) 2023 di Exhibition Hall Grand City Surabaya pada Minggu (20/8/2023) berhasil menyedot pengunjung. Pameran yang berlangsung mulai tanggal 16-20 Agustus 2023 ini telah melakukan Rp 8,2 miliar.
Jumlah tersebut melampau target, dimana Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menargetkan transaksi sebesar Rp 7,5 miliar.
Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan (Dinkopdag) Kota Surabaya, Dewi Soeriyawati mengatakan, pameran nasional itu telah sukses digelar selama lima hari. Dengan jumlah pengunjung SGE 2023 sebanyak 31 ribu, naik 24 persen dari jumlah pengunjung tahun lalu. Yakni, sebanyak 25 ribu pengunjung.
“Jumlah omzet SGE 2023 secara keseluruhan adalah Rp 8,2 miliar, naik sekitar 10 persen dari SGE 2022 yang omzetnya Rp 7,5 miliar. Sementara booth di SGE 2023 sebanyak 168 dan terisi maksimum oleh 124 peserta. Sedangkan SGE 2022 hanya 100 both yang diisi oleh 80 peserta pameran,” kata Dewi, Senin (21/8/2023).
Dewi menyampaikan, SGE 2023 merupakan pameran multi produk. Mulai dari sektor industri, perdagangan, investasi, pariwisata, perbankan, dan produk unggulan UMKM. Pameran tersebut secara rutin digelar dan tahun ini adalah pameran yang ke-12 kalinya di Kota Surabaya. Event nasional yang melibatkan berbagai pihak ini mengusung tagline “UMKM Kuat, Surabaya Hebat”.
“Tanggapan dari para pelaku UMKM di SGE tahun ini adalah stand berdasarkan sistem klaster yang dikategorikan sesuai dengan tipikal kegiatan/layanan. Sehingga lebih memudahkan pengunjung untuk mencari produk dan jenis pelayanan yang dibutuhkan pengunjung,” ujar dia.
Bahkan, produk dan jumlah UMKM yang berpartisipasi dengan difasilitasi oleh Pemkot Surabaya pun semakin beragam jumlahnya dan bervariasi. Sebab, setiap OPD turut serta menampilkan UMKM Surabaya. Promosi kegiatan juga dilakukan di berbagai media sosial utamanya Instagram dengan menggandeng influencer, menayangkan di videotron, dan media elektronik. “Pameran SGE 2023 juga menjadi sarana wisata keluarga, serta pusat informasi dan edukasi bagi anak-anak. Apalagi di tahun ini menggandeng dari UNICEF Indonesia,” terangnya.
Editor : Arif Ardliyanto
Artikel Terkait