Grup Wismilak Terapkan Proses Manufaktur Hijau Melalui Sistem Energi Surya

Ali Masduki
Instalasi sistem energi surya Wismilak Group dilakukan bersama dengan SUN Energy, salah satu perusahaan pengembang energi surya yang telah mengelola sistem energi surya pada lebih dari 35 jenis industri di Indonesia. Foto: iNewsSurabaya.id/Ali Masduki

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Wismilak Group, grup usaha manufaktur dan distributor rokok di Indonesia ini telah menerapkan inisiasi keberlanjutan sejak lima tahun lalu berbasis pada program pembangunan berkelanjutan atau SDGs. 

Program keberlanjutan yang telah diterapkan diantaranya penanaman bibit pohon di kawasan hutan daerah Jombang, penanaman bibit mangrove di kawasan pantai di Surabaya, pembangunan Greenhouse di area fasilitas produksi Wismilak yang mendukung kawasan kerja efisien, ramah lingkungan, lestari dengan konsep keberlanjutan.

Inisiatif Wismilak ini telah mendapatkan apresiasi diantaranya, apresiasi dari Walikota Surabaya di Desember 2022 lalu dalam Ketaatan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup, dan penghargaan INDI 4.0 Award dari Kementerian Perindustrian RI.

Guna meningkatkan upaya perusahaan mewujudkan Industri Hijau, Wismilak Group bersama dengan anak usahanya, PT Gelora Djaja menginisiasi pemanfaatan sistem energi surya sebagai sumber energi alternatif yang mampu meminimalisir dampak dari proses produksi terhadap lingkungan. 

Instalasi sistem energi surya Wismilak Group dilakukan bersama dengan SUN Energy, salah satu perusahaan pengembang energi surya yang telah mengelola sistem energi surya pada lebih dari 35 jenis industri di Indonesia. 

"Dari road map program keberlanjutan Wismilak, tahun ini turut menjadi salah satu milestone kami karena secara resmi Grup Wismilak telah menggunakan energi surya sebagai energi yang ramah lingkungan untuk proses produksi di fasilitas manufaktur kami. Kami mendukung pemerintah dalam proses transisi energi untuk mencapai target bauran energi terbarukan," kata Factory Manager PT Gelora Djaja, Tikto Priharnomo, Rabu (06/9/2023).

Pemanfaatan sistem energi surya sebagai salah satu jenis energi terbarukan di PT Gelora Djaja sejalan dengan prinsip pembangunan berkelanjutan yang diterapkan Wismilak Group di bidang lingkungan melalui pengurangan emisi, efisiensi energi, pengelolaan dampak lingkungan dan penggunaan energi terbarukan.

Editor : Ali Masduki

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network