Plesir Surabaya Lombok Bareng KM Dharma Rucitra VIII Serasa Naik Kapal Pesiar

Ali Masduki
KM Dharma Rucitra VIII, armada laut milik PT Dharma Lautan Utama ini merupakan kapal penumpang jenis Roll on Roll off (RoRo). Foto/Dok DLU

Dikutip dari berbagai sumber, KM Dharma Rucitra 8 merupakan kapal buatan Jepang pada 2006. Kapal milik DLU ini melayani rute pelayaran Surabaya-Lembar-Labuan Bajo-Ende. Dengan begitu, maka kapal ini akan melewati dua destinasi pariwisata utama sepanjang perjalanannya yakni Lombok (Lembar) dan Labuan Bajo (NTT). 

Transportasi laut yang dihadirkan oleh DLU ini diharapkan bisa menopang sektor pariwisata dan pertumbuhan ekonomi di lokasi-lokasi yang disinggahi. Adapun pihak DLU siap mempromosikan wisata daerah di atas kapal mewah tersebut.

KM Dharma Rucitra 8 dengan panjang 146 meter dan lebar 26 meter ini berkapasitas hingga 1.300 penumpang. Selain penumpang, kapal ini juga memiliki car dek untuk truk serta 3 car dek untuk kendaraan kecil yang bisa memuat 80 unit truck, 200 unit kendaraan kecil.


Inilah kamar VIP Suites di KM Dharma Rucitra 8. Kamar layaknya hotel bintang 5 ini ditawarkan dengan harga Rp1.030.000 per kamar. Foto: iNewsSurabaya.id/Ali Masduki
 
Kelas penumpang terbagi menjadi ruang ekonomi, ruang klas, dan ruang eksekutif sea view dengan pemandangan laut lepas. Tersedia juga kamar double cabin dan single cabin dilengkapi lampu, saklar untuk charge baterai posel dan tirai. Sementara untuk kamar VIP sudah dilengkapi kamar mandi dalam.

Menariknya, untuk masuk ke lobby KM Dharma Rucitra 8, penumpang gak perlu susah payah naik tangga. Cukup pencet tombol lift bisa langsung sampai di lobby kapal. Sesampainya di lobby, penumpang bakal disambut layaknya mengiap di hotel bintang 5. 


Lobby KM Dharma Rucitra 8 tampak indah dan bersih. Lobby dilengkapi dengan sejumlah tempat duduk nyaman. Foto: iNewsSurabaya.id/Ali Masduki
 
Fasilitas lainnya, kapal ini menyediakan tempat laundry, potong rambut, tempat olahraga kebugaran, karaoke room. Jika pengen lari-lari kecil, juga ada fasilitas lintasan lari mengelilingi kapal.

Kemudian bagi penumpang yang membawa anak, tersedia tempat bermain anak. Selain itu, KM Dharma Rucitra 8 menyediakan ruang menyusui yang mumpuni bagi para ibu yang masih dalam masa menyusui. Kalau gak enak badan, tersedia ruang medis yang dilengkapi dengan obat-obatan.

Tidak perlu merasa bosan di jalan karena penumpang dapat memanfaatkan perpustakan mini di dalam kapal. Perpustakaan yang didesain mewah itu menyediakan berbagai bacaan menarik.


KM Dharma Rucitra 8 juga dilengkapi fasilitas lintasan lari mengelilingi kapal. Jika pagi hari, penumpang bisa olahraga sambil menikmari matahari terbit. Foto: iNewsSurabaya.id/Ali Masduki
 
Direktur Operasi dan Usaha PT DLU, Rakhmatika Ardiyanto menuturkan bahwa KM Dharma Rucitra 8 sengaja dihadirkan agar masyarakat bisa menikmati moda transportasi yang nyaman.

PT DLU juga memberikan kesempatan kepada para agen perjalanan wisata untuk menampilkan foto dan video destinasi wisata di atas kapal.

"Kami bisa bantu promosi destinasi wisata dengan menampilkan foto dan video itu di atas kapal, kan dilihat oleh para penumpang," ujarnya kepada media beberapa waktu lalu.

Itulah kemegahan fasilitas KM Dharma Rucitra 8 yang menjadi idola masyarakat dalam melakukan perjalanan baik wisata, bisnis atau pulang kampung.

Data spesifikasi KM. Dharma Rucitra 8 : 

Panjang x lebar kapal : 145 x 25 meter
Berat kapal : 17.616 GT (gross tonage)
Kapasitas muat penumpang : 1.181 pax
Kapasitas muat kendaraan : 79 unit
Speed kapal : 14 - 17 knot

Kapasitas DRC VIII (seat number) :

1. Ekonomi Tidur I : 132 kasur 
2. Ekonomi tidur II : 82 kasur
3. Ekonomi tidur III : 92 kasur
4. Ekonomi duduk : 132 seat
5. Ruang Pengemudi : 390 kasur
7. Duduk Kelas III : 72 seat
9. Cabin Single bed : 48 pack
10. Cabin Double bed : 132 pack
11. Eksekutif Seat Sea View (kls 2) : 14 seat
12. Suite (VIP) : 18 (9 kamar)

Harga Tiket :

Non seat : Rp175.000
Ekonomi duduk : Rp200.000
Ekonomi tidur : Rp210.000
Kelas 3 : Rp260.000
Exc sea view : Rp285.000
Single cabin : Rp380.000 per pax (per cabin isi 2)
Double cabin : Rp330.000 per pax
Suite : Rp1.030.000 per kamar (isi 2).

Editor : Ali Masduki

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network