Tingkatkan Kesehatan Masyarakat, Ajinomoto Luncurkan Health Provider

Lukman Hakim
Tingkatkan Kesehatan Masyarakat, Ajinomoto Luncurkan Health Provider. Foto iNewsSurabaya/ist

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - PT Ajinomoto Indonesia meluncurkan Health Provider. Hal itu sejalan dengan komitmen untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di seluruh dunia melalui prinsip Ajinomoto, yaitu “Eat Well, Live Well”.

Slogan ini menjadi komitmen yang diterapkan di seluruh grup perusahaan, dengan menyasar dua ranah yakni manusia dan lingkungan. Di bidang kesehatan, Ajinomoto menargetkan bisa berkontribusi memperpanjang harapan hidup sehat bagi 1 miliar orang. Di bidang lingkungan, mereka menargetkan mengurangi dampak lingkungan sebesar 50 persen.

Presiden Direktur PT Ajinomoto Indonesia Shinichi Matsumoto mengatakan, Health Provider berisikan program-program yang fokus pada peningkatan kesehatan manusia dan kesehatan bumi. Di antara upaya yang dilakukan adalah dengan mengurangi kandungan garam pada produk penyedap rasa, Masako. "Kandungan garam yang terdapat dalam produk Masako terbaru lebih rendah 25 persen dibanding yang diproduksi sebelumnya," katanya, Senin (6/11/2023).

Sinichi menjelaskan, mengonsumsi garam berlebih akan meningkatkan jumlah natrium dalam sel dan meningkatkan risiko hipertensi. Potensi tubuh terserang berbagai penyakit berbahaya juga akan meningkat jika mengonsumsi minyak berlebih. "Maka dari itu kami memproduksi produk rendah garam dan rendah lemak tanpa mengurangi cita rasa dari produk tersebut," ujarnya.

Masih dalam rangka meningkatkan kesehatan masyarakat, Ajinomoto juga rutin menggelar program penyediaan makanan siang sehat bagi santri-santri di pondok pesantren di Pulau Jawa. Guru-guru di pondok pesantren juga diberi pelatihan penyediaan makanan bergizi seimbang dan manajemen dapur untuk makanan yang disajikan bagi santri-santrinya. "Untuk santri-santri juga kami memberi edukasi terkait pentingnya nutrisi untuk dipraktikan sepanjang hidupnya, untuk mendukung terciptanya generasi emas 2045," kata dia.

Ajinomoto juga mengkonversi bahan bakar mesin boiler dari batu bara ke biomassa, untuk mengurangi emisi CO2 atau gas rumah kaca. Targetnya mengurangi emisi karbon dari aktivitas perusahaan sebesar 30 persen pada 2025 dan 60 persen pada 2030. "Kami juga mengganti bahan bakar boiler dari batu bara dengan biomassa untuk kebijakan masalah polusi udara," ungkap Sinichi.

Tahun 2023 menjadi tahun yang spesial untuk Ajinomoto mengingat program Health Provider nya yang telah berjalan hampir setahun ini mulai dilaunching secara resmi. Kegiatan ini dilaksanakan di Pabrik Ajinomoto di Mojokerto pada Rabu (1/11/2023). 

Kegiatan ini diikuti oleh para pemimpin media dan jurnalis dari puluhan media Indonesia dan Jepang, pemerintah kota dan propinsi, influencer, perwakilan Masyarakat setempat dan pengurus PKK kota Mojokerto dan Surabaya.

Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati berharap, slogan Health Provider yang dijalankan Ajinomoto bisa menjadi percontohan bagi perusahaan-perusahaan lainnya, khususnya di Mojokerto. "Utamanya dalam mengurangi emisi karbon agar kondisi lingkungan di sekitar perusahaan tetap sehat," katanya. 

Editor : Arif Ardliyanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network