Dosen Untag Surabaya Kolaborasi dengan Mahasiswa Kembangkan BUMDes di Mojokerto

Arif Ardliyanto
Dosen Untag Surabaya Kolaborasi dengan Mahasiswa Kembangkan BUMDes di Mojokerto. Foto iNewsSurabaya/ist

Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan untuk mengoptimalkan peran BUMDes di Desa Kebontunggul, diantaranya kualitas pelaporan keuangan termasuk pengelolaannya, dukungan stakeholder, dan kolaborasi baik dengan masyarakat maupun pihak swasta.

“Hal inilah yang menurut kami perlu mendapatkan penataan agar sistem yang ada di dalam BUMDes Gajah Mada ini dapat berjalan dengan lebih baik dan tentunya dapat mengoptimalkan perannya sebagai penopang perekonomian desa,” ujar Ketua Tim Abdimas, Dida Rahmadanik.

Selanjutnya, dosen yang juga aktif mengajar pada Program Studi Administrasi Publik FISIP Untag Surabaya tersebut menuturkan bahwa terdapat beberapa yang akan dilakukan dalam upaya memaksimalkan peran BUMDes Gajah Mada, diantaranya adalah koordinasi dengan Pemdes Kebontunggul, melakukan pemetaan terhadap sumber daya manusia yang dimiliki oleh BUMDes, dan memberikan pelatihan serta pendampingan pengelolaan keuangan dan pengembangan unit usaha baru.

“BUMDes Gajahmada saat ini hanya berfokus mengembangkan dan mengandalkan wisata sebagai salah satu sumber pengembangan ekonomi desa di mana dalam hal ini BUMDes diharapkan untuk dapat mengelola dan mengembangkannya. Hal ini tentunya akan dapat lebih optimal apabila BUMDes mengembangkannya dengan unit-unit usaha lainnya,” ujar Dida.

Dalam kegiatan yang dilakukan mulai September hingga Desember 2023 tersebut, tim Abdimas juga melakukan analisa lapangan untuk memberikan rekomendasi kepada Pemdes Kebontunggul terkait penambahan unit bisnis yang sejalan dan berkesinambungan dengan obyek wisata yang sudah ada. 

Selain itu, kolaborasi bersama masyarakat dan swasta sangat diharapkan dapat terbangun dengan baik sehingga dapat memberikan pengalaman dan pengetahuan terutama pada proses pengelolaan obyek wisata yang dimiliki oleh Desa Kebontunggul.

Editor : Arif Ardliyanto

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network