400 Pelaku Usaha Ikut Sosialisasi Peluang Bisnis Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Surabaya

Firman Rachmanudin
Sebanyak 400 pelaku usaha mengikuti sosialiasi peluang usaha di Surabaya. Foto iNewsSurabaya/ist

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur (Disbudpar Jatim) telah menggelar Sosialisasi Peluang Bisnis Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di 14 Kecamatan Surabaya. 

Sebanyak 400 pelaku usaha dan masyarakat turut ambil bagian dalam kegiatan yang berlangsung di Ballroom Hotel Mercure Grand Mirama Surabaya pada Senin (11/12/2023).

Plt Kadisbudpar Jatim, Eddy Supriyanto, membuka acara tersebut dengan optimisme tinggi terkait pertumbuhan sektor bisnis pariwisata dan ekonomi kreatif. Dalam sambutannya, Eddy menyatakan keyakinannya bahwa sektor ini akan terus berkembang, terutama dengan kontribusi signifikan UMKM yang mencapai 57,81% dari Pendapatan Domestik Bruto regional pada tahun 2021.

"Eksistensi Koperasi dan UMKM di sektor ini telah membuktikan kontribusinya yang luar biasa, mencapai 1.418,94 Triliyun atau 57,81% dari PDB Jatim tahun lalu," ungkap Eddy.

Data menunjukkan adanya 15.540 unit usaha pariwisata dengan penyerapan tenaga kerja mencapai 660.920 orang di Jawa Timur. Eddy Supriyanto melihat potensi dan perkembangan positif sektor ini, didukung oleh pemerintah dan masyarakat.

"Dengan tren yang semakin menggembirakan, pelaku industri kreatif diharapkan terus mengembangkan bisnisnya melalui pelatihan dan forum komunikasi yang disediakan pemerintah serta pihak terkait," tambahnya.

Sosialisasi ini diharapkan dapat menjadi pendorong bagi para pelaku industri kreatif untuk terus tumbuh dan berkontribusi lebih besar terhadap ekonomi regional.

Editor : Arif Ardliyanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network