Kembangkan Potensi Desa, Untag Surabaya Fokus Bantu Bumdes Pohjejer

Arif Ardliyanto
Untag Surabaya fokus membantu kinerja BUMDes Poh jejer di Mojokerto. Foto iNewsSurabaya/ist

MOJOKERTO, iNewsSurabaya.id - Pengembangan potensi Desa Pohjejer, Kecamatan Gondang, Kabupaten Mojokerto sebagai salah satu pilot projek dalam pembangunan kawasan pedesaan di Kabupaten Mojokerto menjadi perhatian tersendiri bagi Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya. Bentuk perhatiannya adalah memberikan pendampingan berupa penyusunan rencana pengembangan potensi lokal yang dilakukan sejak bulan Agustus 2023. 

Pendampingan ini merupakan program hibah perguruan tinggi Untag Surabaya yang telah bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Mojokerto. Dalam hal ini, Untag Surabaya memberikan pendampingan terkait penyusunan perencanaan pengembangan potensi lokal pada Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Pohjejer. 

Dua orang dosen ditugaskan dalam memberikan pengabdiannya kepada masyarakat pada kesempatan kali ini. Dua orang itu masing-masing Drs. Ute Chairuz M. Nasution. M.S dan Eko April Ariyanto. S.Psi., M.Psi. 

Eko April Ariyanto menjelaskan, pendampingan ini dilakukan lantaran Desa Pohjejer berada di lokasi yang strategis sehingga memiliki potensi tinggi untuk mendongkrak Pendapatan Asli Desa (PADes). 

"Beberapa desa yang butuh sembako, kebutuhan rumah tangga itu semuanya larinya ke Desa Pohjejer, sehingga kami berfikir kalau Bumdes itu bisa maksimalkan aset mereka yang berupa pertokoan di sekitar terminal, pasar, sentra UMKM, lahan parkir, area yang bisa digunakan untuk festival, mereka bisa mendapatkan banyak pemasukan dari situ," jelasnya saat dihubungi, Rabu (13/12/2023). 

Editor : Arif Ardliyanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network