Pemilu di Surabaya Rawan Kacau, Banyak Calon KPPS Tak Lolos Interview yang Ditetapkan KPU

Arif Ardliyanto
Banyak Calon KPPS Tak Lolos Interview sesuai syarat yang Ditetapkan KPU. Foto iNewsSurabaya/ist

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Proses Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 terancam tak berjalan mulus. Dikabarkan ratusan calon KPPS yang ada di Surabaya tak lolos seleksi, mereka tidak mampu memenuhi keinginan KPU

Sebagaimana diketahui, KPU Kota Surabaya menerapkan aturan ketat. Calon anggota KPPS harus melewati tes yang ditetapkan, mulai tes wawancara, berhitung, hingga kesehatan. Tes yang ditetapkan, banyak yang tidak lolos tes-tes yang ditetapkan. 

"Dari 77 peserta tes calon KPPS, hampir 30℅ tak lolos. Peserta tidak memenuhi standar yang ditetapkan oleh KPU," kata Ketua RT 07 RW 04 Manukan Kulon Surabaya, Hendro Djatmiko. 

Hendro menuturkan, peserta yang tidak lolos kebanyakan bermasalah dengan kesehatan. "Ada yang bermasalah dengan tekanan darah tinggi dan kolesterol. Puskesmas sekarang ketat," ujarnya. 

Saat ini, ungkap Hendro, kabarnya banyak calon KPPS yang ditolak. Dulu proses pendaftarannya dilakukan melalui RT atau RW, dan banyak orang yang lolos. "Sekarang mereka (KPPS) harus melewati tes interview, KPU akan melihat kemampuan calon KPPS. Jadi menjadi anggota KPPS itu tidak mudah," ungkap dia. 

Editor : Arif Ardliyanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network