StoryChopsticks Tampilkan Kreativitas Cerita Anak Berbahasa Mandarin di Project X Market

Ali Masduki
Siswa StoryChopsticks sedang bercerita dengan Bahasa mandarin tentang kisah dari gambar karyanya. (Dok StoryChopsticks)

SURABAYA, iNews.id - StoryChopsticks, lembaga kursus Bahasa Mandarin online asal Singapura menghadirkan konsep pembelajaran yang menyenangkan untuk anak Indonesia, yakni pembelajaran berbasis cerita.

Founder StoryChopsticks, Yuanxin Sun menuturkan, mendongeng merupakan aktivitas yang sangat dianjurkan oleh para pakar bagi anak-anak usia dini.

Selain untuk meningkatkan kosakata dan pemahaman kalimat, bercerita bisa melatih imajinasi hingga menggali kreativitas mereka. 

“Anak-anak kami dorong untuk bercerita dalam Bahasa Mandarin mengenai hal sehari-hari. Mulai dari pengalaman, imajinasi, hingga kreativitas yang ingin mereka ungkapkan,” tuturnya.

Yuanxin Sun mengatakan, kurikulum yang diajarkan di StoryChopsticks bisa membantu para murid usia 3-12 tahun untuk belajar Bahasa Mandarin dengan mudah dan menyenangkan. Bahkan anak-anak didorong kreatif dan berani menampilkan potensi diri. 

Kata dia, proses pembelajar di StoryChopsticks dilakukan bertahap. Pada tahap awal, siswa akan mendengarkan guru bercerita dulu. Dari cerita tersebut, anak-anak diajak menuangkan dalam sebuah gambar sesuai kosakata dan tema yang dipelajari dengan imajinasi dan persepsi masing-masing. 

"Kemudian, mereka menceritakan isi gambar yang sudah dibuat menggunakan Bahasa Mandarin kepada guru dan teman-teman sekelas,” terangnya.
 
Misalnya, saat guru bercerita mengenai kehidupan di laut, anak-anak bisa menuangkan persepsinya dalam sebuah gambar atau lukisan. Seperti seekor penyu yang sedang makan rumput laut, kehidupan hewan laut dan seterusnya. 

“Anak-anak kami dorong untuk bebas berkreasi dengan hal yang mereka sukai,” ucapnya.

Karya-karya menarik dari peserta didik StoryChopsticks inipun di pamerkan di kota Surabaya. Mulai tanggal 4 6 Februari 2022, hasil kreasi cerita anak-anak berbahasa Mandarin pertama di dunia selama belajar di StoryChopsticks secara daring bisa disaksikan di Project X Market Galaxy Mall

“Pameran ini merupakan bentuk kebanggaan dan apresiasi kami kepada seluruh murid dan keluarga. Karya-karya yang terpampang adalah hasil gambar yang dibuat oleh para murid selama mengikuti kursus Bahasa Mandarin di StoryChopsticks,” kata Yuanxin Sun.

Selain pameran, beragam kegiatan seperti live storytelling oleh guru-guru StoryChopsticks, berbagai aktivitas, dan permainan menarik juga dapat diikuti oleh pengunjung untuk dapat memperoleh pengalaman pembelajaran secara langsung melalui pendekatan yang kreatif. Tersedia juga promo terbatas bagi pengunjung yang mendaftar di lokasi.

“Kami percaya, program kurikulum online yang kami kembangkan merupakan program yang efektif dalam mendidik anak-anak dalam mempelajari Bahasa Mandarin. Tidak hanya itu, pada saat yang bersamaan, kami berharap dapat membimbing mereka agar dapat lebih kreatif serta menciptakan karya yang menginspirasi,” ujarnya.

Yuanxin Sun menambahkan, meskipun anak-anak menjalani proses social distancing di rumah, StoryChopsticks ingin menunjukkan bahwa mereka dapat mengekspresikan perasaan melalui lukisan. 

Alih-alih memberikan rasa takut akan pandemi, StoryChopsticks mengajak murid-murid untuk dapat terus tertawa, tetap menikmati masa tumbuh kembang mereka, dan tentunya memperluas persahabatan lewat teman kelas virtual mereka.

“Kami ingin mengubah persepsi mengenai pembelajaran bahasa asing yang monoton dan membosankan, serta memberikan pilihan kepada masyarakat mengenai metode yang dapat menumbuhkan kreativitas melalui pembelajaran Bahasa Mandarin yang kami berikan,” tandanya.

Sebagai informasi, StoryChopsticks saat ini sudah berada di sembilan negara. Diantanya Jerman, Australia, Amerika Serikat, Kanada, Ukraina, Malaysia, Filipina, Singapura dan Indonesia dengan guru penutur asli (native speaker) asal Taiwan dan bahasa pengantar Bahasa Inggris. 

StoryChopsticks juga menyediakan guru asal Indonesia bagi siswa yang menginginkan Bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar

Editor : Ali Masduki

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network