SURABAYA, iNewsSurabaya.id - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) berhasil mengawal dan melayani lonjakan kebutuhan data pelanggan sepanjang liburan Natal dan Tahun Baru 2024 (Nataru).
Dari monitoring antara 24 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024, rata-rata trafik layanan pada periode Natal dan Tahun Baru meningkat sebesar 15% dibandingkan hari normal dan 19% dibandingkan periode Natal dan Tahun Baru sebelumnya.
Sedangkan puncak kenaikan trafik layanan terjadi pada malam tahun baru yang mencapai 90% dibandingkan kondisi hari normal. Seperti yang telah diprediksi, layanan streaming mendominasi lonjakan kenaikan trafik layanan XL Axiata.
Sebaliknya, trafik layanan legacy, yaitu percakapan (voice) hanya mengalami kenaikan sebesar 1% dan SMS sebesar 8% dibandingkan hari biasa.
Direktur & Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, mengatakan jauh-jauh hari pihaknya telah menyiapkan jaringan untuk melayani dan menjaga kenyamanan pelanggan selama libur panjang Natal dan Tahun Baru 2024.
"Ini menjadi komitmen XL Axiata dalam menjaga kualitas layanan sepanjang libur panjang akhir tahun 2023, termasuk perayaan Natal dan pergantian tahun baru. Dan seperti yang kami prediksikan sebelumnya, ada kenaikan trafik data yang signifikan mengingat terjadi mobilitas masyarakat yang meningkat di berbagai wilayah untuk merayakan dan menikmati liburan Natal dan Tahun Baru,” terangnya melalui siaran pers, Jumat (05/1/2024).
Gede melanjutkan, XL Axiata juga bersyukur selama periode liburan tersebut jaringannya tetap prima, tidak mengalami gangguan yang berarti karena sebelumnya XL Axiata sudah melakukan sejumlah langkah antisipatif.
Di antaranya adalah berupa peningkatan kapasitas hingga 2x lipat, pengerahan mobile BTS (MBTS), menyiapkan genset lengkap dengan bahan bakarnya di area-area rawan bencana, serta kesiapan melakukan rekayasa pengalihan jaringan di area yang terganggu ke jaringan yang ada di sekitarnya.
Editor : Ali Masduki
Artikel Terkait