Dapil Neraka Jatim I DPR RI Mulai Terlihat Pemenangnya, Ada Puti Guntur Soekarno dan Arzeti

Lukman Hakim
Sosok yang lolos Dapil Neraka Jatim I DPR RI. Foto iNewsSurabaya/ist

PDI Perjuangan juga diproyeksi akan menempatkan dua kadernya di kursi DPR RI. Partai berlambang banteng moncong putih ini untuk sementara meraih 164.900 suara. Proyeksi kursi DPR RI dari PDIP akan diraih oleh Puti Guntur Soekarno (47.993 suara) dan Indah Kurnia (29.644 suara). 

“Puti dan Indah sama-sama incumbent dengan ceruk suara yang solid. Puti kuat di struktural partai dan akar rumput kaum nasionalis. Sedangkan Indah Kurnia kuat di segmen profesional perkotaan, di samping komunitas kreatif yang rutin dibinanya selama ini,” papar Surokim.

Partai yang untuk sementara sukses meraih suara di atas 100.000 lainnya adalah Partai Amanat Nasional (PAN). Partai berlambang matahari putih bersinar ini sukses menggalang 104.897 suara. Pemilik kursi DPR RI dari PAN adalah Sungkono. Incumbent yang telah dua periode duduk di kursi DPR RI meraih 33.488 suara. 

“Sungkono memiliki pengalaman teritorial politik yang mumpuni, terutama di wilayah Sidoarjo. Kehadiran selebgram seperti Tom Liwafa belum mampu menggoyang dominasi Sungkono di PAN khususnya di dapil Jatim I ini,” ujar Surokim.

Surokim menambahkan, Partai Golkar juga diperkirakan mampu mengamankan satu kursi. Partai berlambang pohon beringin ini untuk sementara meraih 94.417 suara, di mana politisi senior Adies Kadir masih menjadi pemuncak dengan perolehan 56.187 suara. 

“Adies memiliki akar kuat di Surabaya karena rekam jejaknya panjang, masih agak susah ditandingi politisi-politisi Golkar lainnya,” ujarnya.

Partai berikutnya yang diprediksi meraih kursi adalah NasDem dengan perolehan 78.797 suara, dengan Lita Machfud Arifin memperoleh suara tertinggi, yaitu 29.706 suara. “Nama Lita terkerek karena publik masih mengingatnya berkaitan dengan Pilkada Kota Surabaya 2020, di mana suami beliau yaitu Pak Machfud Arifin menjadi kontestan,” terang Surokim.

PKS juga diproyeksi masih bisa mempertahankan satu kursi miliknya. PKS sukses meraup 66.538 suara untuk sementara. Dua kadernya bersaing ketat, yaitu incumbent Sigit Sosiantomo (17.570 suara) dan Reni Astuti (18.221 suara). 

“Jarak antara Sigit dan Reni sangat tipis. Segala kemungkinan masih bisa terjadi mengingat suara yang masuk masih 64 persen,” jelasnya.

Adapun kursi lainnya, lanjut Surokim, masih diperebutkan antara PSI dan Demokrat. PSI sebenarnya lebih unggul dengan 67.314 suara dibanding Demokrat yang meraup 52.569 suara. Namun, PSI terganjal syarat ambang batas parlemen sebesar 4 persen. 

Editor : Arif Ardliyanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network