Aksi di Kanada, CoCaptain River Warrior Indonesia Tuntut Tanggungjawab Produsen Bungkus Plastik

Ali Masduki
Aeshnina Azzahra Aqilani membawa Spanduk Bertuliskan “ Stop Flooding ASEAN countries with Your Sachet, No More Plastic In my Mouth, Stomach, Lung and Blood dan Stop Feeding Us Plastik”. Foto/Dok Pribadi

KANADA, iNewsSurabaya.id - CoCaptain River Warrior Indonesia, Aeshnina Azzahra Aqilani, melakukan aksi di Ottawa Kanada. Bersama 10 Aktivis Internasional dari india, Amerika Serikat, Norwegia, Indonesia dan Kanada, Aeshnina menuntut tanggungjawab produsen bungkus plastik.

Produsen-produsen penghasil kebutuhan sehari-hari itu sudah terbukti dalam makalah riset berjudul Global Producer responsibility for plastic Pollution. Disebutkan ada 10 Merk yang bertanggungjawab mencemari bumi dengan sampah plastiknya. Terdapat 59 brand internasional yang bertanggungjawab atas 50% pencemaran yang ada di Bumi.

Dalam aksinya Nina membawa Spanduk Bertuliskan “ Stop Flooding ASEAN countries with Your Sachet, No More Plastic In my Mouth, Stomach, Lung and Blood dan Stop Feeding Us Plastik”.

Aksi dilakukan didepan sculpture, instalasi seni tiga dimensi berupa kran air di angkasa yang mengeluarkan botol plastik merupakan Karya Von Wong, Seniman berkebangsaan Kanada. 

“Seni instalasi ini menggambarkan bahwa krisis polusi plastik bisa dihentikan hanya dengan mematikan krannya, maka produksi plastik sekali pakai harus dihentikan, harus ada aturan yang kuat dan konsumen harus mengurangi penggunaan plastik sekali pakai,” ungkap Nina. 

Untuk itu aktivis muda ini meminta produsen bertanggungjawab atas terjadinya krisis polusi plastik yang merusak ekosistem, meracuni rantai makanan dan gangguan kesehatan.

Sebuah makalah penelitian yang diterbitkan di Science Advances mengungkapkan korelasi langsung antara produksi plastik dan polusi plastik. Sehingga setiap peningkatan 1% dalam produksi plastik perusahaan barang konsumsi  terkait peningkatan 1% polusi plastik di lingkungan.

Editor : Ali Masduki

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network