Hari Buruh, BPJS Ketenagakerjaan Sidoarjo Ajak Disnaker dan Serikat Pekerja Mancing Bersama

Ali Masduki
Para pemenang lomba mancing BPJS Ketenagakerjaan Sidoarjo foto bersama di Delta Fishing, Buduran, Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis (02/5/2024). Foto/Ali Masduki

SIDOARJO, iNews.id - BPJS Ketenagakerjaan Sidoarjo punya cara tersendiri dalam memperingati Hari Buruh Internasional atau May Day 2024

Mengusung tema "May Day is Terampil Day", penyelenggara program jaminan sosial ini mengajak Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Sidoarjo dan DPC Serikat Pekerja atau Buruh mancing bersama di Delta Fishing, Buduran, Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis (02/5/2024). 

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sidoarjo, Novias Dewo Santoso, mengatakan kegiatan mancing bersama yang diikuti perwakilan perusahaan dan pekerja tersebut guna menciptakan kondisi yang kondusif. Sehingga tercipta kolaborasi positif antara pengusaha dan serikat pekerja, buruh, pemerintah, serta BPJS Ketenagakerjaan.

Hadir dalam cara ini Kepala Kantor Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Jawa Timur, Hadi Purnomo, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Sidoarjo Ainun Amalia, serta Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sidoarjo, Cabang Juanda, dan Cabang Sidoarjo Krian, dan perwakilan dari Serikat Pekerja atau Buruh Sidoarjo.

"Hubungan industrial yang telah terjalin ini harus tetap dipertahankan, saling bersinergi, menjaga kondusivitas dan stabilitas, sehingga roda perekonomian dapat berjalan dengan baik," tuturnya.

Dewo, panggilan akrab Novias Dewo Santoso mengungkapkan, saat ini BPJS Ketenagakerjaan memiliki 5 program, salah satunya program Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP). 

Program ini adalah jaminan yang diberikan kepada pekerja atau buruh yang mengalami pemutusan hubungan kerja berupa manfaat uang tunai, akses informasi pasar kerja dan pelatihan kerja.

Program JKP, lanjut Dewo, bertujuan untuk mempertahankan derajat kehidupan yang layak pada saat pekerja kehilangan pekerjaan. 

Pekerja dapat memenuhi kebutuhan dasar hidup yang layak saat terjadi risiko akibat pemutusan hubungan kerja seraya berusaha mendapatkan pekerjaan kembali," ungkapnya.

Ia berharap, peringatan May Day ini bisa menjadi momentum peningkatan layanan dan manfaat kepada pekerja Indonesia melalui perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan. 

Lebih dari itu, peringatan hari buruh diharapkan bisa berdampak positif bagi peningkatan iklim investasi dan penciptaan lapangan pekerjaan di Kabupaten Sidoarjo.

"Kami berharap may day ini bisa meningkatkan layanan kami agar lebih lengkap, lebih mudah, dan lebih cepat bagi pekerja, serta wujud pengembangan kapasitas manusia untuk pertumbuhan produktivitas yang berkelanjutan,” tegasnya.

Sebagaimana lomba pada umumnya, pemenang lomba mancing bersama May Day is Terampil Day ini tidak pulang dengan kosong.  BPJS Ketenagakerjaan Sidoarjo menyiapkan hadiah bagi 3 pemenang yang mendapatkan hasil tangkapan paling besar. Bagi pesetta yang beruntung juga mendapatkan doorprize.

Editor : Ali Masduki

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network