Tingkatkan Kinerja Tenaga Kependidikan, FT Untag Surabaya Luncurkan Aplikasi Inovatif, Ini Bentuknya

Arif Ardliyanto
FT Untag Surabaya Luncurkan Aplikasi Inovatif. Foto iNewsSurabaya/ist

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Fakultas Teknik (FT) Untag Surabaya membuat gebrakan untuk meningkatkan kinerja tenaga kependidikan. Salah satu langkahnya adalah meluncurkan inovasi aplikasi Analisis Beban Kerja, fakultas ini berupaya meningkatkan efisiensi operasional serta memastikan kesejahteraan dan produktivitas tenaga kerja.

Aplikasi ini hadir sebagai solusi dari tantangan pemantauan kinerja yang selama ini dihadapi. Menurut Dr. Ir. Sajiyo, M.Kes, Dekan Fakultas Teknik Untag Surabaya, inisiatif ini lahir dari kebutuhan untuk lebih baik dalam memonitor dan mendistribusikan pekerjaan, serta mendokumentasikan tugas-tugas yang selama ini tersebar dan sulit dipantau.

“Selama ini, kita telah bekerja keras, namun sulit untuk memantau karena jumlah tenaga kerja yang banyak dan penempatan ruangan yang berbeda-beda. Hal ini membuat kita kesulitan mengetahui apa yang sedang dikerjakan setiap harinya, dan informasi pekerjaan tersebut tidak terdokumentasi dengan baik,” ujar Dr. Sajiyo. 

Dengan aplikasi ini, para pimpinan fakultas dapat mengidentifikasi kebutuhan pelatihan dan pengembangan tenaga kependidikan dengan lebih akurat. 

“Harapannya, setiap pimpinan dapat dengan jelas mengetahui progres kerja, termasuk target, pencapaian, dan kinerja yang masih perlu diperbaiki. Dengan adanya analisis beban kerja ini, seluruh kinerja dapat terpantau, memungkinkan kita untuk mengambil tindakan yang sesuai, seperti dukungan atau pelatihan yang dibutuhkan. Kami berharap, dengan sistem ini, beban kerja dapat didistribusikan lebih merata dan adil,” tambah Dr. Sajiyo.

Penerapan aplikasi Analisis Beban Kerja ini akan dimulai pada pertengahan Mei 2024. Tenaga kependidikan akan mengisi data harian mereka, yang kemudian akan dianalisis untuk memastikan distribusi kerja yang optimal. 

"Aplikasi ini juga dirancang untuk mengidentifikasi beban kerja yang berlebih dan memberikan estimasi jam kerja normal per hari," akunya.

Editor : Arif Ardliyanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network