Rekam Jejak Militer ‘Lord’ Luhut Binsar Panjaitan, Salah Satu Jenderal Kopassus Terbaik

Oktavianto Prasongko
Jenderal TNI (HOR) (Purn) Luhut Binsar Panjaitan bersama anggota Kopassus. (Foto: Youtube)

Pada tahun 1971 Luhut juga pernah ikut Kursus Lintas Udara dan lagi-lagi Luhut menjadi yang terbaik. Atas prestasinya tersebut Luhut dianugerahi penghargaan Trofi Payung Emas. 

Kursus lainnya yang pernah diikuti oleh Luhut adalah Kursus Lanjutan Perwira atau Suslapa I pada tahun 1976. Kemudian kursus Lanjutan Perwira atau Suslapa II pada tahun 1978. 

Luhut juga pernah mengikuti pendidikan di Sekolah Staf Komando Angkatan Darat (Seskoad). Lalu ikut pendidikan di Sekolah Staf Dan Komando ABRI (Sesko ABRI) dan Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhamnas).

Tidak hanya di dalam negeri, mantan komandan pertama Satgultor Kopassus ini juga banyak mengikuti pendidikan di luar negeri salah satunya National Defense University, Amerika Serikat. National Defense University adalah lembaga pendidikan militer bergengsi di dunia. 

Luhut juga merupakan pemegang gelar Masters in Publik Administration yang dia raih dari George Washington University, Amerika Serikat. 

Luhut juga pernah tercatat ikut pelatihan di Royal Army Special Air Service (SAS) di Britania Raya pada tahun 1981. Special Air Service atau SAS ini adalah satuan pasukan elit terbaik di dunia.

Di tahun yang sama yaitu tahun 1981 Luhut juga pernah dikirim ke Jerman Barat untuk ikut pelatihan Shooting and Anti-Terror Instructor Training. 

Masih di Jerman Barat, Luhut juga sempat mengikuti pendidikan Counter Terrorism and Special Operation Course di Grenzchutzgruppe 9 (GSG-9) German Federal Police.

Luhut juga pernah tercata pernah mengikuti pelatihan di US Army Airborne, Pathfinder Anf Ranger Course di Fort Bragg Fort Benning, Amerika Serikat. Lalu ikut pelatihan Free Fall Instructor Course, US Army Special Forces di Fort Bragg, Amerika Serikat, pada tahun 1976.

Pada tahun 1978 Luhut mengikuti pelatihan Mobile Training Team (MTT) Instructor Course Golden Knight di US Army Special Forces di Fort Bragg, Amerika Serikat dan mengikuti pelatihan HALO atau HAHO Jumpmaster Instructor di US Army Jumpmaster Scholl di Amerika Serikat pada tahun 1980.

Pada tahun 1978 Luhut juga pernah mengikuti pelatihan di US Army John F Kennedy Special Warfare Counter and School atau US Army Special Forces Course di Fort Bragg, Amerika Serikat. 

Editor : Ali Masduki

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network