Tips Menabung Haji dengan Efisien

Ali Masduki
Jemaah Haji berangkat ke tanah suci melalui Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya. Foto: iNewsSurabaya/Ali Masduki

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Menunaikan ibadah haji adalah salah satu dari lima rukun Islam yang wajib dipenuhi oleh setiap Muslim yang mampu, baik secara fisik maupun finansial. 

Namun, biaya untuk menunaikan ibadah haji tidaklah kecil, meliputi transportasi, akomodasi, serta kebutuhan selama di tanah suci. Oleh karena itu, banyak calon jamaah harus mempersiapkan dana yang cukup besar dalam jangka waktu yang panjang.

Dosen Pengajar Departemen Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga Dr Imron Mawardi SP MSi menyampaikan beberapa pertimbangan penting dalam menabung untuk haji. Menurutnya, yang pertama harus diperhatikan adalah mengetahui berapa lama waktu antrean saat ini.

"Di Jawa Timur, jika mendaftar sekarang, perjalanan haji kemungkinan baru bisa dilakukan 32 tahun kemudian. Meski terlihat lama, calon jamaah berusia 50 tahun ke atas tidak perlu khawatir karena pemerintah memprioritaskan lansia,” jelasnya.

Dalam mempersiapkan tabungan haji, Dr Imron menjelaskan bahwa calon jemaah perlu menghitung biaya yang harus ditanggung, yang saat ini sekitar Rp56 juta dari BPIH (Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji). Total biayanya mencapai sekitar Rp96 juta.

"Calon jemaah harus membayar 60 persen dari biaya tersebut, yaitu sekitar 56 juta rupiah. Ketika mendaftar, dibutuhkan biaya awal 25 juta rupiah sehingga untuk berangkat haji diperlukan tambahan sekitar 31 juta rupiah," katanya.

Menabung untuk haji dimulai dengan merencanakan kapan bisa mengumpulkan uang Rp25 juta untuk pendaftaran. Jika targetnya adalah tiga tahun, maka harus dihitung berapa yang perlu ditabung setiap bulan untuk mencapai Rp25 juta dalam tiga tahun.

"Hal ini memerlukan pengaturan konsumsi dan pendapatan. Jika pendapatan bulanan adalah 5 juta rupiah dan ingin menabung 800 ribu rupiah per bulan, maka perlu anggaran konsumsi yang dibatasi," jelas Imron.

Editor : Ali Masduki

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network