Pertamina Patra Niaga Komitmen Dukung Net Zero Emission 2060, Tanam 2 Ribu Mangrove di Malang

Arif Ardliyanto
Pertamina Patra Niaga Tanam 2 Ribu Mangrove di Malang. Foto iNewsSurabaya/dok pertamina

Niniek Herawati, Sub Koordinator Pengendalian Kerusakan Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur, mengapresiasi inisiatif ini. "Mangrove dapat mereduksi gas rumah kaca lima kali lebih baik daripada tanaman hutan lainnya. Kami sangat mengapresiasi Pertamina atas penanaman 2.000 mangrove ini," ujarnya.

Ahad Rahedi, Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus, menambahkan bahwa kegiatan ini tidak hanya melestarikan lingkungan tetapi juga mengenalkan Pertamina sebagai Decarbonization Partner. 

"Tahun 2024, Pertamina Patra Niaga ditugaskan untuk mengelola Carbon Trading. Penanaman mangrove ini adalah langkah awal dari solusi bisnis ramah lingkungan," jelasnya.


Pertamina Patra Niaga Tanam 2 Ribu Mangrove di Malang. Foto iNewsSurabaya/dok pertamina

Carbon trading memungkinkan perusahaan yang mengeluarkan emisi CO2 untuk membeli carbon credit. Satu carbon credit setara dengan satu ton CO2, yang akan diwujudkan dalam bentuk upaya pemulihan lingkungan seperti penanaman pohon. "Pertamina Patra Niaga juga menawarkan upaya carbon offset untuk industri, seperti penanaman pohon dan teknologi carbon capture," lanjut Ahad.

Gerakan penanaman mangrove ini juga bagian dari program Hutan Pertamina, yang merupakan komitmen perusahaan terhadap aspek Environmental, Social, and Governance (ESG). Ini juga mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG's) poin 13 (aksi penanganan perubahan iklim) dan poin 15 (melindungi, memulihkan, dan mendukung ekosistem daratan).

"Dengan semakin meningkatnya emisi gas rumah kaca, dekarbonisasi menjadi sangat penting untuk mengurangi dampak negatif perubahan iklim. Langkah-langkah yang diambil Pertamina diharapkan dapat menciptakan masa depan yang lebih bersih dan berkelanjutan," tutup Ahad.

Langkah-langkah yang diambil oleh Pertamina Patra Niaga tidak hanya menunjukkan komitmen perusahaan terhadap lingkungan tetapi juga menegaskan peran mereka sebagai pemimpin dalam solusi bisnis ramah lingkungan. Dengan berbagai inisiatif seperti penanaman mangrove dan carbon trading, Pertamina Patra Niaga terus berupaya mendukung Indonesia mencapai Net Zero Emission 2060.

Editor : Arif Ardliyanto

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network