Hilmi Adrianto, Wakil Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia dan ShopTokopedia, mengakui peran penting kreator afiliasi sebagai agen perubahan.
"Content creators are the new entrepreneurs. Dengan memanfaatkan platform media sosial TikTok, kreator konten bisa mendapatkan keuntungan melalui konten yang kreatif dan program afiliasi yang mendukung pemasaran produk penjual di ShopTokopedia," kata Hilmi.
Untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kreator muda, Creators Lab menghadirkan berbagai sesi pelatihan, termasuk:
- Afiliasi dan Personal Branding: Memberikan pemahaman menyeluruh mengenai program afiliasi dan personal branding.
- Perancangan Skrip Video:
Meningkatkan keterampilan dalam membuat konten afiliasi yang menarik dan relevan.
- Strategi Konten dan Persiapan Live Streaming:
Menyusun strategi konten dan live streaming yang efektif.
- Evaluasi Performa Konten:
Memahami metrik dasar Gross Merchandise per Million (GPM) untuk evaluasi konten.
"Kolaborasi antara UMKM dan content creator akan menguntungkan semua pihak. UMKM bisa meningkatkan penjualan, sedangkan kreator konten dapat memperoleh penghasilan. ShopTokopedia berkomitmen untuk menghadirkan Creators Lab di berbagai wilayah lain di Indonesia dengan menggandeng mitra strategis," tutup Hilmi.
Editor : Arif Ardliyanto
Artikel Terkait