Skandal Korupsi DPRD Jatim Tak Ganggu Pembahasan APBD-P 2024, Begini Pernyataan Tegas Pj Gubernur

Lukman Hakim
Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur (Jatim), Adhy Karyono, memastikan bahwa proses pembahasan APBD-P 2024 Jatim tidak akan terganggu. Foto iNewsSurabaya/lukman

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur (Jatim), Adhy Karyono, memastikan bahwa proses pembahasan APBD-P 2024 Jatim tidak akan terganggu meskipun tiga pimpinan DPRD Jatim telah menjadi tersangka kasus korupsi dana hibah APBD Jatim.

"Proses hukum tetap kita hormati, tapi juga jangan sampai proses perencanaan untuk pengesahan anggaran tidak berjalan. Insya Allah karena ada dua pimpinan, syaratnya dua pimpinan (minimal) untuk paripurna yang tidak termasuk dalam tersangka yang saat ini dalam sprindik (Komisi Pemberantasan Korupsi/KPK)," ujar Adhy saat ditemui di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Senin (15/7/2024).

Diketahui, terdapat lima pimpinan DPRD Jatim, yaitu Kusnadi selaku ketua, kemudian Wakil Ketua DPRD Jatim Anik Maslachah, Anwar Sadad, dan Achmad Iskandar, serta Istu Hari Subagio yang menggantikan Sahat Tua P. Simanjuntak yang sudah divonis 9 tahun penjara terkait kasus suap dana hibah APBD Jatim.

"Kita tetap berjalan, di sana masih proses tanda tangan surat-surat resmi, perencanaan pemunduran paripurna ini masih terus berjalan. Kalau menunggu anggota baru, tanggal 30 (Agustus 2024), itu akan lama. Karena akan menyusun perangkat dulu. Takutnya waktunya semakin mepet," tegas Adhy.

Adhy menegaskan pihaknya tetap menghormati proses hukum yang sedang berjalan. Diketahui, KPK sudah menetapkan 21 tersangka, empat di antaranya adalah legislator, termasuk unsur pimpinan maupun anggota DPRD Jatim. "Insya Allah kita hormati semua proses hukum. Semua berjalan dengan baik," pungkasnya.

Editor : Arif Ardliyanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network