Detik-detik Proklamasi, Penumpang Kereta Api Berdiri dan Nyanyikan Lagu Kebangsaan

Ali Masduki
Penunpang kereta api berdiri sikap sempurna sembari diiringi lagu Indonesia Raya. Foto/KAI

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 8 Surabaya mengajak para pelanggan yang berada di stasiun maupun yang sedang melakukan perjalanan diatas KA, untuk tetap menyemarakkan semangat nasionalisme dalam momen HUT ke-79 Republik Indonesia.

Pada momen ini, KAI Daop 8 Surabaya membagikan bendera kecil kepada para pelanggan KA jarak jauh, dan juga mengajak para pelanggan baik di stasiun maupun diatas KA untuk menghentikan sejenak aktifitasnya dan berdiri sikap sempurna sembari diiringi lagu Indonesia Raya.

“Para petugas menginstruksikan ke pelanggan melalui pengeras suara untuk berdiri, baik saat berada di stasiun maupun diatas KA tepat saat detik detik Proklamasi pukul 10.10 WIB,” ucap Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif. 

Luqman Arif menambahkan, KAI Daop 8 Surabaya juga membagikan souvenir menarik bagi pelanggan KA jarak jauh kelas Luxury dan Compartmen Suite Class, yakni KA Argo Bromo Anggrek relasi Surabaya Pasarturi - Gambir, dan pelanggan KA Argo Semeru relasi Surabaya Gubeng - Gambir.

Para petugas frontliner KAI Daop 8 Surabaya juga kompak menggunakan pakaian adat dan juga pejuang kemerdekaan saat melayani para pelanggan. Hal ini tentu menciptakan suasana kemerdekaan semakin  kepada pelanggan

Selain itu, bentuk semarak HUT ke-79 RI di Daop 8 Surabaya, yakni pemasangan livery khusus HUT ke-79 RI, pada sejumlah rangkaian kereta api jarak jauh, yakni KA Argo Wilis relasi Surabaya Gubeng - Bandung, KA Turanggan relasi Surabaya Gubeng - Bandung, KA Argo Semeru relasi Surabaya Gubeng - Gambir, KA Bima relasi Surabaya Gubeng - Gambir, dan KA Gajayana relasi Malang - Gambir.

Livery khusus tersebut berlatar warna merah dengan gambar siluet peta Indonesia logo Kemerdekaan Ke-79 RI dengan tema "Nusantara Baru Indonesia Maju", serta tulisan "Dirgahayu Republik Indonesia" #KAIUNTUKINDONESIA berwarna putih.
 
Teks #KAIUNTUKINDONESIA pada livery tersebut memiliki makna KAI terus berupaya memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat Indonesia berbasis moda transportasi kereta api yang sesuai dengan visi misi perusahaan.

Sementara itu, para calon pelanggan juga akan dimanjakan dengan berbagai ornamen “Merah Putih” yang terpasang di seluruh stasiun wilayah Daop 8 Surabaya. 

Dikatakannya, ornamen ini merupakan bentuk implementasi cinta tanah air dari KAI untuk Indonesia, dalam memajukan moda transportasi umum berbasis kereta api.

“Seluruh Stasiun di wilayah Daop 8 Surabaya telah dipasangi berbagai ornament "Merah Putih" dengan umbul-umbul bendera yang bertuliskan 79 Nusantara Baru Indonesia Maju,” terangnya.

KAI Daop 8 Surabaya berharap dengan hadirnya ornamen serta Livery di lingkungan KAI dalam memperingati HUT ke-79 RI, dapat turut andil memberikan semangat nasionalisme bagi pelanggan KA melalui transportasi kereta api

Editor : Ali Masduki

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network