Indonesia Menuju 100 Tahun, Ini Catatan Ong Hengky Ongkywijoyo

Ali Masduki
Ong Hengky Ongkywijoyo, pengusaha sukses asal Surabaya, Jawa Timur. Foto/Dok Pribadi

Sebagai putra putri Indonesia, Ong Hengky juga mengajak putra putri Indonesia yang menimba ilmu di luar negeri untuk kembali ke Indonesia dan menggunakan ilmu yang dipelajari selama di sekolah atau universitas di luar negeri tersebut untuk membangun Indonesia, membuat Indonesia makin maju dalam hal teknologi dan keilmuannya.

"Harus dihilangkan budaya itu. Di Indonesia ini, masih banyak sektor yang harus ditingkatkan lagi. Dan hal itu membutuhkan keilmuan yang lebih modern," jelas Ong Hengky.

Ong Hengky kembali mencontohkan salah satu sektor yang memerlukan sentuhan ilmu pengetahuan untuk jauh lebih maju dan modern. Sektor itu adalah pertanian.

Dengan kondisi tanah di Indonesia yang sangat subur, menurut Ong Hengky, diperlukan sentuhan ilmu-ilmu pertanian yang modern dan ditularkan ke para petani, sehingga hasil pertanian yang diperoleh jauh lebih melimpah dan lebih berkualitas.

Masalah pengolahan hasil bumi seperti hasil tambang, juga memerlukan adanya ilmu pengetahuan yang bisa membuat masalah eksplorasinya jauh lebih bagus dan hasilnya jauh lebih baik.

"Anak-anak muda itu harus diingatkan kembali bahwa negeri ini sangat kaya dan semua daerahnya sangat subur dengan kualitas tanahnya yang sangat bagus. Jadi, manfaatkanlah kekayaan alam Indonesia itu dengan sebaik-baiknya, untuk kemakmuran masyarakat di seluruh Indonesia," papar Ong Hengky.

Dari pandangan-pandangan yang telah dijelaskan tersebut, Ong Hengky berharap bahwa apa yang disampaikan ini bukan sekedar mimpi atau angan-angan saja. Harus ada sekelompok orang yang bisa mewujudkannya.

Selain itu, dengan keilmuwan yang telah dimilikinya, harus ada masyarakat di Indonesia ini yang berani untuk mewujudkannya.

Buah pemikiran yang telah dipaparkan ini, harapan Ong Hengky, bisa didengar dan ditindak lanjuti, khususnya para pejabat negara maupun tokoh-tokoh di Indonesia. Hal itu harus dilakukan demi kemajuan Indonesia sehingga nanti diusianya yang ke-100 tahun Indonesia bisa disejajarkan bahkan melebihi negara-negar maju lainnya, bukan hanya dilevel asia.

Ong Hengky diakhir pemikirannya juga menyampaikan, semoga ada pihak-pihak yang terinspirasi dengan pandangan-pandangannya ini dan bertekad mengembalikan nama besar Indonesia sebagai negara dengan kekayaan alam, kekayaan tambang dan kekayaan laut yang melimpah ruah. 

Editor : Ali Masduki

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network