Kado HUT Jatim ke-79, Prestasi Gemilang Bukti Komitmen Pemprov Ciptakan Pendidikan Berkualitas

Saipul Yudi
Dinas Pendidikan Jawa Timur memberi Kado Terindah HUT Jatim ke-79 dengan Prestasi Melimpah. Foto iNewsSurabaya/saipul

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Pemerintah Provinsi Jawa Timur terus berupaya menjadikan pendidikan berkualitas, merata, dan terakselerasi melalui berbagai program inovatif. Dalam upaya ini, banyak prestasi gemilang yang telah dicapai, terutama yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Jawa Timur 2019-2024.

Salah satu langkah strategis yang diambil adalah peluncuran program Bantuan Operasional Sekolah Daerah untuk Madrasah Diniyah (BOSDA MADIN). Program ini, yang dikenal sebagai Bantuan Penyelenggaraan Pendidikan Diniyah dan Guru Swasta (BPPDGS), diluncurkan sebagai respons terhadap kontribusi besar Madrasah Diniyah dalam meningkatkan keimanan dan kecerdasan bangsa.

Aries Agung Paewai, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, mengungkapkan harapannya, karena banyak program yang perlu dilanjutkan kedepannya. 

"Pemerintah Provinsi Jawa Timur merasa perlu untuk melanjutkan program ini guna meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Tujuan kita bersama adalah meningkatkan kualitas pendidikan dan pemerataan akses." katanya. 


Dinas Pendidikan Jawa Timur memberi Kado Terindah HUT Jatim ke-79 dengan Prestasi Melimpah. Foto iNewsSurabaya/saipul

Sejak digagas pada 2010, program BOSDA MADIN telah menjadi jembatan bagi santri dan siswa dari keluarga kurang mampu untuk mendapatkan pendidikan. "Ini adalah wujud komitmen Pemprov untuk memastikan setiap anak usia 7-15 tahun mendapatkan akses pendidikan, sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional," tegas Aries.

Sumber dana program BPPDGS berasal dari kolaborasi antara Pemprov Jatim dan Pemerintah Kabupaten/Kota di seluruh Jawa Timur, dengan total alokasi dana mencapai Rp200.456.190.000 untuk BOSDA MADIN, serta tambahan untuk program pendidikan kesetaraan dan honorarium kinerja.

Tidak hanya itu, Pemprov Jatim juga meluncurkan Biaya Penunjang Operasional Penyelenggaraan Pendidikan (BPOPP) untuk tahun 2024. Dana yang dialokasikan mencapai Rp691.590.825.000 untuk lembaga negeri dan Rp691.434.450.000 untuk lembaga swasta, yang bertujuan memperkuat infrastruktur pendidikan.

"Inovasi pendidikan ini dirancang untuk melahirkan lulusan yang tidak hanya unggul dalam akademik, tetapi juga memiliki keterampilan dan soft skills yang mumpuni," jelas Aries. 

Editor : Arif Ardliyanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network