Kota Mojokerto Melejit, Ungguli Surabaya Dalam Pembangunan Daerah

Trisna Eka Adhitya
Kota Mojokerto menjadi kota dengan kategori pembangunan terbaik, predikat ini diberikan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa

Seiring dengan melandainya kondisi pandemi Covid-19, perekonomian Jawa Timur mulai membaik dengan nilai Pertumbuhan Ekonomi sebesar 3,57  persen dan berhasil memberikan kontribusi terbesar kedua terhadap pertumbuhan ekonomi pulau Jawa sebesar 25,01  persen, dan kontribusi terhadap total perekonomian di Indonesia dengan kontribusi sebesar 14,48  persen. "Pada 2023, perekonomian Jatim kami target tumbuh sebesar 3,45  sampai 5,15  persen," imbuh Khofifah.

Pada kesempatan ini juga  Gubernur Khofifah menyerahkan Penghargaan Pembangunan Daerah Tahun 2022 kepada Juara 1 Kabupaten Lamongan, juara 2 Kabupaten Bojonegoro dan Juara 3 Kabupaten Jombang. Sedangkan untuk Kota Juara 1 Kota Malang, Juara 2 Kota Madiun dan Juara 3 Kota Mojokerto.

Menanggapi penghargaan dari Gubernur Jatim ini, Wali Kota Ika Puspitasari menyampaikan untuk kedua kalinya Kota Mojokerto mendapatkan penghargaan perencanaan daerah untuk kota pada juara tiga.

"Tentu ini pencapaian yang layak kita apresiasi bersama dalam merencanakan pembangunan di daerah. Harus memenuhi aspek yang sesuai dengan regulasi bagaimana pencapaian itu kepala daerah, linieritas pembangunan pusat, provinsi sampai di Kota Mojokerto," bebernya.

Selain itu menurut dia ketersediaan dokumen dan beberapa aspek yang berhubungan dengan partisipasi masyarakat dan juga politik maka ini  diupayakan harapannya adalah nanti di tahun 2023. "Semoga pencapaian ini bisa kita tingkatkan," bebernya.

Ning Ita memiliki target jika dua tahun berturut ini masuk kategori juara tiga, tahun 2023 bisa juara satu atau juara dua minimal. "Kan cita -cita harus tinggi. Supaya ini jadi motivasi," tegasnya.

"Saya kira yang penting adalah komitment bersama. Selama seluruh OPD memiliki komitment yang sama itu semua bisa dicapai. Menyamakan komitment inilah yang bisa jadi pondasi dasar bagi modal kita untuk dapatkan apa yang menjadi target," imbuhnya.

Editor : Arif Ardliyanto

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network