Kuota Haji Indonesia Ditetapkan 100.051 Orang, Kemenag Gerak Cepat Konfirmasi Jamaah

Arif Ardliyanto
Kementerian Agama (Kemenag) RI telah resmi menerima kuota haji 1443H/2022M dari pemerintah Arab Saudi, jumlah yang disediakan sebesar 100.051 orang.

JAKARTA, iNews.id - Kabar gembira bagi warga muslim Indonesia. Kementerian Agama (Kemenag) RI telah resmi menerima kuota haji 1443H/2022M dari pemerintah Arab Saudi, jumlah yang disediakan sebesar 100.051 orang.

Kloter pertama diperkirakan akan diberangkatkan pada 4 Juni 2022. Untuk langkah selanjutnya, Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri, Ditjen PHU Kemenag, Subhan Cholid mengatakan pihaknya telah mempersiapkan enam hal yakni :

Pertama, Kemenag akan segera menyiapkan keputusan menteri agama terkait pembagian kuota provinsi. Adapun kuota tersebut didistribusikan kepada provinsi masing-masing. "Rumusnya 1/1000 penduduk muslim di daerah masing-masing itu normalnya. Ketika kemudian terjadi situasi seperti ini, tentu mengacu pada 45% dari masing daerah, jadi semua daerah kebagian berdasarkan presentase,"kata Subhan saat dihubungi MNC Portal, Rabu,(20/04/2022).

Kedua, pihaknya akan melakukan konfirmasi ulang kepada jemaah yang telah melunasi bipih 2020 dan berhak masuk dalam daftar yang kuota haji 1443H/2022M. "Kami akan kita lakukan konfirmasi kepada masing-masing jemaah. Kita perlu konfirmasi ulang, karena mereka sudah melunasi bipih 2020 mudah-mudahan dalam waktu dekat sebelum lebaran kita sudah selesaikan semuanya,"ujarnya.

Editor : Arif Ardliyanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network