Membanggakan, SMA Tengah Pulau Bawean Loloskan 8 Siswa ke Universitas Negeri di Jawa Timur

Arif Ardliyanto
Sekolah yang berada di tengah pulau ini mampu meloloskan 8 siswa masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Kepala SMA Islamiyan Bawean, Saiful Ahzan, S.Sos. mengaku senang dan bersyukur atas diterimanya peserta didiknya melalui SNMPTN 2022 itu. Pada tahun-tahun mendatang beliau sangat berharap agar siswa SMA Islamiyah Bawean tidak perlu minder dan takut memilih jurusan pavourit, seperti jurusan Kedokteran, Farmasi, Hukum, Teknik, dan MIPA. Harapan besar itu beralasan karena SMA Islamiyan ini adalah satu-satunya SMA di Pulau  Bawean yang bertatus AKREDITASI A. Menurut aturan, status  akreditasi A bisa memperoleh jatah 40% dari jumlah siswa kelas 12 ( siswa eligible) yang dapat ikut seleksi jalur SNMPTN.

"Kami sangat bersyukur. Anak-anak kami telah memberikan kado hadiah istimewa bagi yayasan yang menaungi lembaga SMA Islamiyah yaitu Yayasan Pembangunan Pulau Bawean ( YPPB ) yang berdiri sejak 01April 1968, yang ķebetulan berulang tahun ke-54 bulan ini," katanya.

"Selamat dan sukses atas diterimanya 8 siswa SMA Islamiyah Tambak lewat jalur SNMPTN di 5 PTN di Jawa Timur," kata Sugri Yanto, Guru senior dan pengampu Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Sangkapura, yang juga menjadi pegiat facebooker di media sosial. 

Lebih lanjut Sugri Yanto, yang juga Pembina Karya ilmiah Remaja ( KIR ) di SMA Negeri 1 Sangkapura, Kabupaten Gresik menyatakan keheranannya atas prestasi SMA Islamiyah Bawean. Beliau memberikan perbandingan, "SMA Negeri 1, Sangkapura saja yang memiliki 8 rombongan belajar di Kelas 12 hanya meloloskan 4 siswanya pada SNMPTN 2022. Sementara, SMA ISLAMIYAH BAWEAN yang hanya memiliki 2 rombongan belajar dapat meloloskan 8 siswanya pada SNMPTN 2022. Lembaga SMA Islamiyah Bawean ini telah ikut mendorong siswanya berkuliah di Peguruan Tinggi Negeri ( PTN ) dengan biaya murah, sekali gus membantu meringankan beban orangtua peserta didiknya," tuturnya.

"Terima kasih kepada Tim Bina Bakat dan Prestasi SMA Islamiyah Bawean yang telah bekerja keras memotivasi peserta didik agar berfokus pada peningkatan prestasi belajarnya. Tentu, kami ikut senang atas diterimanya 8 siswa kami di jalur SNMPTN 2022. Semoga prestasi ini dapat  berkelanjutan pada tahun-tahun mendatang," ujar Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMA Islamiyah Bawean, Ibu Aniqa Faza, S.Pd., yang juga pengampu Mata Pelajaran Sejarah dan Sosiologi.

SMA Islamiyah memang sudah sejak lama selalu memperjuangkan lulusannya agar dapat masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui jalur sekolah.  Pada 1994, saya dan kawan-kawan diterima di IKIP  Malang ( sekarang Universitas Negeri Malang ) lewat jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan  ( PMDK ) yang setara dengan jalur SNMPTN. Ketika itu, yang menjabat Kepala Sekolahnya adalah Bapak Drs. Haji Abdul Khaliq. Terus terang, kami sekarang benar-benar merasakan kebaikan "jasa" para guru di SMA ISLAMIYAH BAWEAN. Teman- teman kami sekarang sudah banyak yang menjadi Kepala Sekolah di berbagai lembaga di Pulau  Bawean dan daratan Gresik. Jadi, saya ikut bangga dan senang sekali atas keberhasilan adik-adik kelas saya yang lolos di SNMPTN 2022 ini.

Para siswa, dewan guru, dan pengurus yayasan telah menggelar tasyakkuran atas keberhasilan peserta didiknya dan buka bersama pada Sabtu, 26 April 2022 di halaman sekolah SMP-SMA ISLAMIYAH BAWEAN.

Editor : Arif Ardliyanto

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network