get app
inews
Aa Read Next : SIG Pasok 2.630 Unit Tetrapod untuk Pelestarian Kawasan Wisata Raja Ampat

Mama-Mama di Raja Ampat Mendapatkan Pelatihan dan Fasilitasi Bantuan Mesin Jahit

Rabu, 15 Juni 2022 | 19:19 WIB
header img
Bupati Raja Ampat, Abdul Faris Umlati, SE, Didampingi Ketua TP-PKK Raja Ampat, Ny. Faujia Helga T/Umlati, dan Kepala DPMK Raja Ampat, Hasan Tamima Menyerahkan Beberapa Unit Mesin Jahit Kepada Mama-Mama Peserta Pelatihan. (Foto: Ist)

Oleh karena itu sambung AFU sapaan akrabnya, target utama yang menjadi landasan munculnya program - program nasional adalah pengentasan kemiskinan dan pengurangan pengangguran. 

"Kemiskinan dan pengangguran dapat dipandang sebagai ketidakmampuan atau sebagai kekurangan kemampuan dan keterampilan (skills) untuk bekerja dan mencari nafkah dalam menopang kehidupannya," ujar Bupati dua periode itu.

Dia lanjut menjelaskan, salah satu sektor yang senantiasa menjadi permasalahan yang harus dihadapi oleh setiap negara adalah faktor lapangan kerja dan ketersediaan tenaga kerja. 

Kedua sektor ini menurut AFU, memiliki hubungan yang signifikan dan saling ketergantungan antara satu dengan yang lainnya. 

Kata dia, ketidak-seimbangan antara ketersediaan lapangan kerja dan tenaga kerja akan berakibat pada terjadinya pengangguran, yang pada giliran selanjutnya akan membawa dampak pada pembangunan sosial-ekonomi dalam kehidupan masyarakat yang semakin tidak menentu. 

"Maka itu, upaya yang dilakukan dalam rangka untuk menanggulangi pengangguran salah satunya adalah melalui pelatihan keterampilan dan kewirausahaan," ucapnya.

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut