get app
inews
Aa Read Next : Padukan Budaya Saat Wisuda, SMP Wijaya Putra Bakal Wadahi Minat Siswa selama Sekolah

Keren! Nuansa Nusantara Balut Perpisahan 63 Siswa SMP Wijaya Putra

Sabtu, 18 Juni 2022 | 15:17 WIB
header img
Sekolah Menengah Pertama (SMP) Wijaya Putra Surabaya meluluskan 63 siswa

Hal yang lebih spesial ialah konsep maupun pelaksanaan acara yang diusung pada pagelaran Purna Widya tersebut merupakan murni inisiatif dan dilaksanakan oleh siswa-siswi SMP Wijaya Putra yang tergabung dalam Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMP Wijaya Putra yang diketuai oleh Ketua OSIS SMP Wijaya Putra, Yuan Gadis Ramadhani yang masih duduk di kelas 7. Bahkan, dewan guru murni hanya mengikuti instruksi yang diminta oleh panitia yang notabenenya masih pelajar.

Pimpinan Yayasan Bina Insan Mandiri yang diwakili Dr. Budi Endarto, S.H., M.Hum, Dalam sambutannya sangat mengapresiasi dan memberikan applause kepada penyelenggara Purna Wisuda SMP Wijaya Putra 2022. Beliau menyampaikan bahwa cerminan dari Merdeka Belajar dengan konsep Student Centered Learning yang terus digaungkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah terimplementasikan pada pagelaran Purna Widya kali ini.

“Konsep Merdeka Belajar merupakan cerminan pembelajaran modern, siswa menjadi subjek dan bukan lagi menjadi objek seperti pembelajaran pada masa lampau. Salah satunya adalah siswa diberikan kebebasan untuk berkreasi dalam proses pembelajaran di sekolah, salah satunya menjadi inisiator acara serta pelaksanaan teknisnya. Pada output-nya, siswa tidak hanya mendapatkan hard skills saja melainkan juga soft skills seperti kemampuan berorganisasi, kerja sama dan kepemimpinan,” katanya.

Budi juga menggaris bawahi dua hal pokok pada pagelaran Purna Widya kali ini. Pertama ialah konsep Unity in Diversity yang tercermin pada nuansa kebhinekaan yang ditunjang dengan Pendidikan Budi Pekerti yang menjadi ciri khas SMP Wijaya Putra disbanding dengan sekolah lainnya.

Kedua ialah perubahan paradigma profesi, yang mana siswa saat ini mempunyai cita-cita yang beragam dan jauh dari cita-cita konvensional. Beliau menyoroti sejumlah siswa yang bercita-cita sebagai Chef, Gamers, dan Youtubers. Untuk menunjang hal tersebut, SMP Wijaya Putra juga mempersiapkan sarana prasarana terkait hal tersebut seperti studio musik, studio podcast, ekstrakurikuler musik dan content creator, ruang gamers dan sebagainya. “Itu semua diharapkan dapat menunjang siswa dalam meraih cita-citanya di masa depan yang tentunya akan semakin modern dan berbasis digital,” paparnya.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut