get app
inews
Aa Read Next : Aktivis Lingkungan Desak Konjen Jepang Hentikan Pengiriman Sampah Plastik ke Indonesia

Parah! Sungai Deli Medan Dipenuhi Sampah Plastik

Kamis, 23 Juni 2022 | 21:21 WIB
header img
Terdapat 388 pohon terlilit sampah plastik dan 232 timbulan sampah ilegal ditepi sungai Deli. (Foto: Tim ESN).

MEDAN, iNews.id - Sungai Deli di Medan Sumatera Utara dipenuhi tumpukan sampah plastik. Sepanjang sungai mulai dari Taman Mercy di Deli Tua hingga Jembatan Belawan terlihat pemandangan tidak sedap.

Dari catatan tim Ekspedisi Sungai Nusantara (ESN), sedikitnya terdapat 388 pohon terlilit sampah plastik dan 232 timbulan sampah ilegal ditepi sungai Deli. 

Ekspedisi Sungai ESN tersebut dilalukan bersama Sangkala-Yayasan Leuser Lestari dan Telapak Badan teritoti Sumatera Utara.

Menurut Prigi Arisandi, sampah-sampah yang menumpuk akibat minimnya sarana tempat sampah dan pelayanan sampah oleh Pemerintah Kota Medan. Sehingga masyarakat membuang sampahnya ke Sungai Deli.

Plastik-plastik yang tersangkut di pohon, lanjutnya, berasal dari sampah-sampah plastik yang dibuang ditepi sungai dan terhanyut saat debit air tinggi.

Kemudian terlilit di pohon loah (ficus racemose) dan pohon bamboo di tepi sungai, saat air surut sampah plastik berada di dahan tinggi dan tersangkut. 

Untuk itu, tim ESN mendorong Pemkot untuk menyediakan sarana TPS dan sarana pengangkutan sampah yang bisa menjangkau penduduk di kelurahan tepi sungai. 

“Sungai Deli merupakan sungai lintas kabupaten dan kota. Sehingga kewenangan pengendalian pencemaran dan pengelolaannya ada pada Pemprov Sumatera Utara,” tegas Tim ESN ini.

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut