get app
inews
Aa Read Next : Tradisi Unik Siswa Kodiklatal Sebelum Kembali Ke Pangkalan Surabaya

Pokemon: Warga Dolly Masih Punya Moral dan Akhlak

Rabu, 27 Juli 2022 | 17:07 WIB
header img
Tradisi kirab budaya dan sedekah bumi warga Dolly dan Jarak. (Foto: Ali)

SURABAYA, iNews.id - Koordinator Forum Perjuangan Lokamandiri (FPL), SA Saputro menegaskan bahwa warga Jarak dan Gang Dolly masih mempunyai moral dan akhlak. Tidak seperti pandangan masyarakat yang buruk selama ini. 

Ativis yang kerap disapa Pokemon ini mengatakan, meskipun puluhan tahun pernah hidup berdampingan dengan hiruk pikuk dunia malam yang dianggap hina, namun pada kenyataannya warga Jarak dan Dolly masih mempertahankan nilai-nilai luhur yang diwariskan oleh leluhur

Salah satunya yakni masih merawat tradisi kirab budaya dan sedekah bumi. Lantunan tahlil dan ayat-ayat suci Al-Quran juga masih berkumandang di setiap gang eks lokalisasi terbesar itu.

"Kami masih terus melakukan menembah atau memberi sedekah bumi atau sesaji ke leluhur kami. Ini sebagai ucapan terima kasih bahwa kami masih diberikan kehidupan, ekonomi dan pekerjaan yang lebih baik," ujarnya disela-sela Mapak Suro, Selasa (26/7) malam.

Pokemon menjelaskan, Mapak Suro merupakan kirab dengan berkeliling kampung, sembari membawa persembahan.  Kegiatan tersebut rutin digelas setiap malam 1 Suro. Pada tahun ini Suro jatuh pada tanggal 30 Juli 2022. 

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut