get app
inews
Aa Read Next : Benny, Pria Asal Cepu yang Jadi Petarung Sejati Dibalik Pemberontakan Indonesia-Malaysia

Bulan Suro Istimewa Bagi Penganut Kepercayaan Kejawen, Ini Tokoh Indonesia yang Setia Ajaran Jawa

Sabtu, 30 Juli 2022 | 09:09 WIB
header img
Bulan Suro memiliki arti tersendiri bagi orang-orang yang menganut ajaran Kejawen.(Foto : Okezone)

JAKARTA, iNews.id - Bulan Suro memiliki arti tersendiri bagi orang-orang yang menganut ajaran Kejawen. Budaya Kejawen sudah ada sejak lama, bahkan banyak tokoh-tokoh Indonesia yang masih memiliki dan menganut aliran ini.

Kejawen dimaknai sebagai pandangan hidup, pemahaman, filsafat, serta jalan spiritualitas oleh suku Jawa. Dalam ajaran Kejawen ini, terdapat “laku” (semacam ibadah) dengan menggunakan beberapa elemen adat khas suku Jawa, misalnya keris, wayang, pemakaian bunga tertentu yang memiliki simbol serta filosofi tertentu, dan lainnya. Tak hanya itu, Kejawen juga dianggap sebagai sesuatu yang mistik dan gaib.

Berikut tokoh-tokoh yang dikenal kental dengan kebudayaan Kejawen :

1. Soeharto

Soeharto merupakan presiden kedua sekaligus presiden terlama yang berkuasa di Indonesia. Ia berkuasa lebih dari 32 tahun hingga dilengserkan pada 1998. Soeharto menjadi salah satu tokoh Indonesia yang kental dengan kejawen. Sebagai orang Jawa, ia dikenal taat menjalani budaya leluhur Jawa sebagai pedoman hidupnya.

Selain itu, pria kelahiran Yogyakarta ini juga gemar mengoleksi benda-benda pusaka seperti keris. Dalam buku Dunia Spiritual Soeharto karya Arwan Tuti Artha (2007), disebutkan bahwa Soeharto kerap mengunjungi tempat-tempat keramat untuk bertapa. Rumor mengenai Soeharto dan ilmu kejawen mulai mencuat ketika wafatnya ibu Tien yang dianggap menjadi penyebab runtuhnya kekuasaan Soeharto.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut