get app
inews
Aa Read Next : Jejak Keislaman Jenderal LB Moerdani, Dari Pondok Pesantren Hingga Panglima Tertangguh di Indonesia

Benny, Pria Asal Cepu yang Jadi Petarung Sejati Dibalik Pemberontakan Indonesia-Malaysia

Selasa, 02 Januari 2024 | 07:51 WIB
header img
Benny, Letnan Dua Infanteri yang Jadi Petarung Sejati. Foto iNewsSurabaya/ist

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Karier militer Benny atau LB Moerdani menggeliat sejak duduk di bangku kelas 1 SMP Negeri IV Banjarsari, terlibat dalam penyerangan kempetei di Solo pada usia yang sangat belia. Bergabung dengan Tentara Pelajar dan meniti karier melalui Pusat Pendidikan Angkatan Darat (P3AD), Benny menjelma menjadi seorang pejuang sejati.

Menurut Julius Pour, Benny memulai pelatihannya pada 1951 dan terpilih untuk pendidikan tambahan di Sekolah Pelatih Infanteri (SPI). Lulus tahun 1952, dia meraih pangkat Letnan Cadangan, kemudian dilantik menjadi Letnan Dua Infanteri pada 4 Juli 1954. Dengan gigih, Benny menjadi instruktur di Sekolah Kader Infanteri, menciptakan jejak karier militer yang gemilang.

Pertautan Benny dengan Soeharto terukir saat memimpin Operasi Naga selama pembebasan Irian Barat dari Belanda. Keberanian dan tekad baja Benny di medan tempur memikat perhatian Soeharto, yang kemudian menjadi atasan langsungnya. 

Puncak prestasinya muncul saat Benny, dengan pangkat mayor, berhasil memimpin pembebasan sandera dalam peristiwa pembajakan pesawat Woyla di Bangkok, Thailand, menunjukkan dedikasi sejati sebagai Asintel Hankam.

Benny petarung sejati. Dia gemilang menumpas pemberontakan PRRI/Permesta serta pantang mundur di garis depan konfrontasi Indonesia-Malaysia. Tapi salah satu pencapaian monumentalnya terjadi saat berlangsung peristiwa pembajakan pesawat Woyla oleh Komando Jihad di Bandara Don Mueang, Bangkok, Thailand. Benny yang kala itu Asintel Hankam menjadi aktor penting mengorkestrasi pembebasan sandera.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut