get app
inews
Aa Read Next : Mudik Asyik BUMN 2024, PT Pegadaian XII Surabaya Berangkatkan 200 Orang, Ini Rutenya

Ritual Petik Laut Bulan Suro Jadi Magnet Wisatawan, Masyarakat Banyuwangi Peringati dengan Khidmat

Kamis, 20 Juli 2023 | 16:21 WIB
header img
Ritual Petik Laut Bulan Suro Jadi Magnet Wisatawan, Masyarakat Banyuwangi Peringati dengan Penuh Khidmat. Foto iNewsSurabaya/ist

BANYUWANGI, iNewsSurabaya.id - Bulan Suro identik dengan ritual yang dilakukan masyarakat. Ritual petik laut menjadi proses budaya yang dilakukan masyarakat nelayan Desa Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur.  

Petik laut ini dianggap dapat memberikan keselamatan kepada masyarakat nelayan pada saat mencari ikan ditengah laut. Sebelum pergi ke laut mencari ikan para nelayan mengadakan selamatan dengan sesaji kepala sapi dan kambing kepada penjaga laut selatan.

Kegiatan petik laut ini dilakukan turun temurun oleh warga nelayan  agar dapat memberikan perlindungan selama ditengah laut. 

"Petik laut ini sebagai sujud syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberi keselamatan dan rezeki yang memberikan perlindungan selama ditengah laut," ujar Agus peserta Petik Laut. 

Suharsono menambahkan, petik laut ini merupakan tradisi budaya turun temurun yang diselenggarakan sejak tahun 1927 oleh masyarakat nelayan  Lampon, Dusun Kampungbaru, Desa Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi. 

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut