get app
inews
Aa Read Next : Pionir yang Mengizinkan Perayaan Imlek di Indonesia, Orangnya Sederhana dan Terpandang, Ini Sosoknya

Belajar Perdamaian dari Gus Dur, Peace Train Indonesia Hadir di Jombang

Sabtu, 30 Juli 2022 | 17:41 WIB
header img
Peace Train ke-14 memulai perjalanannya ke Jombang, Jawa Timur. (Foto: iNewsSurabaya/Pool)

Mewujudkan Perdamaian dengan Perjalanan Bersama

Sekretaris Jenderal Dewan Masjid Indonesia (DMI) Imam Addaruqutni, sebagai sahabat Gus Dur sekaligus juga pendiri ICRP menambahkan, bahwa masalah perdamaian bila tidak dikelola bisa menjadi awal dari malapetaka sosial (social calamity).

"Jika kemudian, dalam konteks kehidupan sosial terjadi truth claim, dimana kebenaran yang diyakininya dibarengi dengan absolutism claim dengan menganggap bahwa dia sendirilah yang paling benar dari semuanya,” ujar Imam.

Bagi Imam, bisa jadi semua unpeacefulness atau ketidakdamaian, konflik, clash,  perang, dan sebagainya disebabkan oleh faktor tunggal atau berbagai faktor yang paralel. 

Dengan demikian usaha untuk mewujudkan perdamaian atau kedamaian Peace or Peacefulness mungkin harus belajar dari kita mulai keluar rumah seorang diri,

“Dengan Peace Train Indonesia, para pemuda akan bersama mewujudkan perdamaian lalu menempuh jalan raya bergabung dengan berbagai keramian di dalamnya dengan tetap mengendalikan diri secara kreatif tanpa mau menjadi faktor trouble maker, untuk kemudian sampai tujuan atau destination,” tambah Imam.

Sebagai Alumni Peace Train Indonesia ke-12 dengan rute Jakarta-Temanggung, Tri Natalia Urada Ketua Pengurus Pusat PMKRI (Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia), berbagi pengalamannya dalam mengikuti kegiatan Peace Train Indonesia.

“Kegiatan seperti ini menjadi ruang jumpa dan ruang belajar secara langsung yang harus terus ada, karena dengan adanya perjumpaan secara langsung dengan orang-orang yang mempunyai keyakinan atau agama berbeda dapat saling mengetahui, memahami, mengenal satu sama lain dan lebih dekat,” terang Tri. 

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut