get app
inews
Aa Read Next : Pionir yang Mengizinkan Perayaan Imlek di Indonesia, Orangnya Sederhana dan Terpandang, Ini Sosoknya

Belajar Perdamaian dari Gus Dur, Peace Train Indonesia Hadir di Jombang

Sabtu, 30 Juli 2022 | 17:41 WIB
header img
Peace Train ke-14 memulai perjalanannya ke Jombang, Jawa Timur. (Foto: iNewsSurabaya/Pool)

Belajar Perdamaian dari (Kota Kelahiran) Gus Dur 

Kali ini sebanyak 50 kaum muda menjadi peserta Peace Train Indonesia (PTI) ke-14 Jombang. Kelima puluh peserta PTI Jombang merupakan kaum muda yang dengan sengaja melakukan perjalanan ke Jombang dengan harapan bisa menjumpai semangat dari keteladanan Gus Dur.

PTI ke-14 dihelat mulai hari Kamis hingga Minggu, 28 – 31 Juli 2022. dari Jakarta menuju Jombang, Jawa Timur. Ahmad Nurcholish, Direktur Program ICRP sekaligus penggagas kegiatan Peace Train Indonesia menambahkan, Jombang menjadi kota tujuan karena di Jombang kita bisa mengenang dan meneladai Gus Dur sebagai negarawan sejati Indonesia.

“Kita ingin belajar di sana bagaimana merawat keragaman dan perdamaian sekaligus mengetahui segala tantangan dan hambatan terkait dengan upaya mewujudkan toleransi dan perdamaian di kota tersebut,” tandas lelaki yang biasa disapa Cak Nur ini.

50  peserta tersebut berasal dari berbagai kota di Indonesia yaitu Padang, Semarang, Yogyakarta, Madura, Cilacap, Jakarta, Tangerang, Solo, Surabaya, Papua, Pontianak, dengan ragam  latar agama Islam, Katolik, Kristen, Orthodox, Bahai, Sikh dan Buddha. 

Acara pelepasan rombongan PTI ke-14 dilaksanakan Kamis, 28 Juni 2022, pukul 15.30 WIB  sore di ruang VIP Stasiun Senen, Jakarta Pusat dengan mematuhi protokal kesehatan yang ketat.

Hadir dalam pelepasan tersebut antara lain Sekretaris Umum ICRP Romo Johanes Hariyanto, Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Raja Juli Anton , Program Manager YBAW (Yayasan Bani Abdurrahman Wahid) Suraji, Direktur ICRP Pdt. Frangky Tampubolon, dan  alumni kegiatan PTI.

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut