get app
inews
Aa Read Next : Ubaya Target 55 Guru Besar dalam Periode 2023-2027

Program Kota Tanpa Kumuh, Ubaya Tanam 100 Pohon Pisang di Desa Segoro Tambak

Selasa, 09 Agustus 2022 | 16:19 WIB
header img
Rektor Ubaya, Dr. Ir. Benny Lianto, M.M.B.A.T menanam pohon pisang. (Foto: Istimewa).

SURABAYA, iNews.id Universitas Surabaya (Ubaya) menanam 100 bibit pohon pisang di Desa Segoro Tambak, Kabupaten Sidoarjo.

Pohon pisang ditanam di tiga tempat, diantaranya strain sungai, tanah kas, dan lokasi program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) Desa Segoro Tambak. 

Rektor Ubaya Benny Lianto mengatakan, pohon pisang dipilih berdasarkan karakteristik tanah desa. Kata dia, tanah di strain sungai sering terimbas banjir rob, sehingga memiliki tingkat garam dan timbunan sampah organik dan anorganik yang tinggi. 

"Berdasarkan pertimbangan inilah kami menanam pohon pisang jenis pisang kepok merah dan pisang susu,” katanya, Selasa (09/8/2022).

Benny menambahkan, pemilihan jenis pohon pisang ini turut melibatkan pakar biologi dari Fakultas Teknobiologi Ubaya.


 
Tak hanya menanam pohon pisang, Ubaya juga membuat motif batik seafood bernama Sari Laut sebagai ikon Desa Segoro Tambak. Motif ini dibuat oleh Dosen Fakultas Industri Kreatif Universitas Surabaya (FIK Ubaya), Ninik Juniati.

Ninik mengatakan, motif batik diberi nama Sari Laut karena terinspirasi dari kekayaan sumber daya alam Desa Segoro Tambak yang hasil utamanya adalah seafood. 

Motif tersebut diperkenalkan melalui pelatihan membatik yang diikuti oleh 40 ibu-ibu Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK). 

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut