get app
inews
Aa Read Next : Lapas dan Rutan Terbaik Indonesia Ternyata Ada di Jawa Timur, Mana Saja?

Wisata Desa Gelam, Inovasi Kepala Desa Nyentrik yang Jadi Contoh Jawa Timur

Rabu, 17 Agustus 2022 | 14:39 WIB
header img
Salah satu desa yang memiliki potensi menjadi wisata besar adalah Desa Gelam, Kecamatan Candi, Sidoarjo, Jawa Timur dengan melakukan inovasi-inovasi baru. Foto iNewsSurabaya/arif

SIDOARJO, iNews.idWisata Desa terus berkembang di wilayah Jawa Timur. Salah satu desa yang memiliki potensi menjadi wisata besar adalah Desa Gelam, Kecamatan Candi, Sidoarjo, Jawa Timur dengan melakukan inovasi-inovasi baru.

Lokasi desa ini berada dipinggir selatan Kota Sidoarjo, di dalam desa terdapat lokasi wisata yang sangat unik dan menarik. Apalagi wisata desa ini dilihat malam hari, suasana menarik semakin terasa, terdapat lampu-lampu yang membuat lokasi wisata semakin indah. Di lokasi ini terdapat lahan sekitar 3 hektar yang bakal dikembangkan menjadi Wisata Desa.

Saat ini, lokasi Desa Wisata ini terdapat kolam pemancingan, wisata pertanian, hingga lokasi olah raga. Yang lebih menarik, di tengah lokasi ini terdapat musala berbentuk kapal. Penempatan musala di tengah lokasi wisata ini sebagai simbol mengingatkan perjuangan leluhur. “Banyak sejarah yang ada di desa ini. Saya akan mengembangkan wisata ini lebih maju lagi,” ungkap Kepala Desa Gelam, Kecamatan Candi, Sidoarjo, Muhammad Muslich.

Muslich mengatakan, Wisata Desa yang dikembangkan ini akan diserahkan ke BUMDes sebagai pengelola. Dengan begitu, masyarakat akan mandiri perekonomian akan berkembang dengan baik. Perkembangan ekonomi ini akan meningkatkan pengentasan kemiskinan dan pengangguran. Karena banyak usaha yang terjadi didalam wisata ini.

“Di dalam wisata nanti ada lapangan olah raga, kolam renang, dan café. Jadi warga nanti tidak hanya tergantung pada pabrik untuk kerja. Mereka bisa mengembangkan UMKM,” ujarnya.

UMKM nanti, lanjut Kepala Desa Nyentrik ini, bisa memanfaatkan isi wisata menjadi produksi yang bisa dijual, misalnya menjadikan ikan yang ad di kolam menjadi abon atau emping. Hasil dari pengembangan usaha ini, akan dinikmati warga sendiri.

Muslich menuturkan, salah satu contoh hasil yang bisa dirasakan warga secara langsung adalah adanya event mancing bersama. Desa hanya menyediakan tempat dan ikan, sedangkan warga ramai-ramai memancing ikan mengisi kekosongan menjelang peringatah 17 Agustus. “Kalau tidak saya adakan kegiatan, takutnya mereka keluar desa dan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Makanya saya adakan mincing bersama,” tutur dia.

Camat Candi, Sidoarjo Lukman Sanjaya mengatakan, terobosan yang dilakukan Kepala Desa Gelem menjadi acuan desa-desa lain. Apalagi konsep yang dituangkan untuk membangun Desa Wisata sangat sederhana, namun mampu menghibur masyarakat. “Wisata di Desa gelam ini konsepnya kearah hiburan, wisata sederhana tetapi bisa menjadi kelengkapan keluarga,” katanya.


Salah satu desa yang memiliki potensi menjadi wisata besar adalah Desa Gelam, Kecamatan Candi, Sidoarjo, Jawa Timur dengan melakukan inovasi-inovasi baru. Foto iNewsSurabaya/arif

Untuk itu, ujar Lukman, di area Desa Wisata ini sering dilakukan acara mincing bersama, peserta warga desa berisi anak-anak, istri, dan saudara. Konsep ini juga bisa mengarah kepada pengembangan pendidikan. Anak akan menjauhi smartphone, karena terlibat aktif mengikuti lomba mincing yang diikuti seluruh warga.

Wisata ini, beber Lukman, nantinya akan ramai, karena aka nada jalan tembus atau jalur alternatif untuk desa sebelah. Dengan begitu, wisata akan diketahui banyak orang, mereka akan tertarik untuk memanfaatkan wisata ini. “Tahun 2023 disini akan ada jalan alternatif. Jadi lokasi wisata diketahui banyak orang, itu akan ramai,” ungkap dia.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut