get app
inews
Aa Read Next : Bambang Haryo Sambut Baik Rencana Pemerintah Cetak 3 Juta Lahan Sawah

Program P3TGAI dari BBWS Brantas Serap 15.800 Tenaga Kerja

Kamis, 25 Agustus 2022 | 17:29 WIB
header img
Serah terima pekerjaan P3TGAI tahap I di salah satu hotel di Surabaya, Kamis (25/8/2022). Foto: MPI/Lukman

SURABAYA, iNews.id - Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Brantas melakukan serah terima pekerjaan Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3TGAI) tahap I yang berada di 154 titik di enam kabupaten di Jawa Timur (Jatim). Antara lain di Nganjuk, Jombang, Lumajang dan Mojokerto.

P3TGAI merupakan kegiatan Padat Karya Tunai (PKT) untuk membangun saluran tersier irigasi dengan luasan lahan yang diairi maksimal adalah 150 hektar. 

Pelaksanaannya melibatkan masyarakat petani yang tergabung dalam Himpunan Petani Pemakai Air (HIPPA). 

Pelaksanaan P3TGAI berdasarkan keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor: 109/KPTS/M/2022 tanggal 17 Februari 2022 tentang Penetapan Daerah Irigasi Penerima P3TGAI Tahun Anggaran 2022. 

"Dari 930 titik lokasi mampu menyerap sebanyak 15.800 tenaga kerja," kata Kepala BBWS Brantas, Haeruddin C. Maddi usai acara serah terima pekerjaan P3TGAI tahap I di salah satu hotel di Surabaya, Kamis (25/8/2022).

Di wilayah kerja BBWS Brantas, tahun ini P3TGAI akan digelar di 930 lokasi atau desa yang tersebar di 254 kecamatan di 22 kabupaten/kota di Jatim. 

Diantaranya di Bangkalan,Banyuwangi, Situbondo, Kabupaten dan Kota Blitar, Bondowoso, Jember, Jombang, Kediri, Kota Batu, Lumajang, Malang, Mojokerto, Nganjuk, Pamekasan, Pasuruan, Probolinggo, Sampang, Sidoarjo, Sumenep, Trenggalek dan Tulungagung. 

"Dengan program ini, masyarakat bisa bekerja dan tentu bisa mempertahankan daya beli. Program ini akan terus bergulir," ujar Haeruddin C. Maddi.

P3TGAI ini merupakan salah satu agenda nasional dalam menghadapi pandemi COVID-19. Tujuannya mendukung kedaulatan pangan nasional sebagai perwujudan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor strategis ekonomi domestik. 

"Dari sejak pertama kita bertandatangan kontrak dengan mereka, dikerjakan selama 110 hari. Semoga tahun depan (P3TGAI) terus dlanjutkan dan ada sinyal dari permintah kemungkinan tahun akan semakinm banyak," tandasnya

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut