get app
inews
Aa Read Next : DK3P Jatim Luncurkan Buku Safety Unboxing, Sebuah Inspirasi Bangun Budaya Keselamatan yang Tangguh

Trik Lakukan Perubahan di Masyarakat, Jangan Lewatkan Kupas Tuntas Buku Lokal Hero

Kamis, 25 Agustus 2022 | 20:23 WIB
header img
Salah satu cara yang tepat melakukan perubahan dengan cara menggerakan sektor intim di masyarakat, seperti Rukun Tetangga-Rukun Warga. Foto tangkap layar

SIDOARJO, iNews.id - Perubahan di tengah masyarakat harus dilakukan. Salah satu cara yang tepat melakukan perubahan dengan cara menggerakan sektor intim di masyarakat, seperti Rukun Tetangga-Rukun Warga (RT/RW).

Teknik melakukan perubahan bakal didiskusikan lebih dalam di acara temu daring Bedah Buku berjudul 'Lokal Hero' yang ditulis oleh pegiat sosial kemasyarakatan, Edi Priyanto, pada Sabtu (3/9). Acara tersebut akan dipandu oleh host yang merupakan seorang Ketua RT serta sekaligus pendiri jaringan RT-RW Network dengan Instagram @rtrwnetwork dan Organisasi RT dan RW Indonesia (ORRI), Valent Hartadi.

Edi Priyanto, sebagai penulis juga mantan Ketua RT, sejak tahun 2006 telah bergiat bersama tetangganya menggerakkan perubahan positif di lingkungan RT tempat tinggalnya di Sekardangan, Sidoarjo menjadi Kampung Edukasi Sampah  dengan website (www.kampungedukasisampah.id). Kampungnya kini dijadikan role model dan menjadi lokasi kunjungan studi berbagai penggerak kampung dan institusi.

"Harapan utama dari ditulisnya Buku Lokal Hero yaitu untuk memberi inspirasi dan motivasi pada para Ketua RW dan Ketua RT serta jajaran pengurus, agar membuat terobosan, kreasi, dan inovasi. Sehingga mereka bisa memberikan kontribusi terbaiknya dalam menggerakkan perubahan yang baik di masyarakat dan lingkungannya," ungkap Edi Priyanto.

Edi menuturkan, buku tersebut masih jauh dari sempurna, namun dapat diterbitkan atas keprihatinan dengan semakin banyaknya warga yang enggan untuk dipilih menjadi Ketua Rukun Tetangga (RT) atau Ketua Rukun Warga (RW) dilingkungan tempat tinggalnya.

“Salah satu penyebab keengganan dipilih menjadi Ketua RT atau RW adalah budaya yang makin individualis. Pekerjaan dan aktivitas sehari-hari membuat masyarakat makin sulit berkomunikasi, berkolaborasi serta berinteraksi secara langsung dengan warga lainnya,” paparnya.

Terlebih di era digital seperti saat ini, ungkap Edi semangat bersosial masyarakat bisa dibilang hilang, bak ditelan bumi. Masalahnya tiap individu dituntut bekerja dan beraktivitas mengejar penghidupan masing-masing.

“Manusia sebagai makhluk sosial dan beragama tentunya tidak bisa membiarkan hal ini terjadi. Memang seorang Ketua RT atau RW memiliki banyak keterbatasan. Namun setidaknya mereka tak sekedar menjalankan organisasi apa adanya, ada ikhtiar yang bisa dilakukan agar mampu memberikan kontribusi terbaik sehingga bisa bermanfaat buat warga dan masyarakat,” pungkas Edi.

Sementara itu, Valent Hartadi, yang selama 2 tahun ini aktif bersilaturahmi dengan Ketua RT dan RW di 50 kabupaten/kota dari berbagai provinsi di Indonesia, dalam kata pengantar buku Lokal Hero menyebut bahwa sosok Edi Priyanto ialah orang yang tepat untuk menulis dan mengabadikan kisah inspiratif para Ketua RT dan RW. 

"Terbukti, materi-materi pada Buku Lokal Hero sangat relevan sebagai kebutuhan referensi yang riil untuk Ketua RT - RW dan pengurus lingkungan lainnya. Bahkan juga pada masyarakat yang punya kepedulian pada lingkungan. Sejauh yang saya tahu, belum ada buku tentang lika-liku kisah inspiratif kehidupan RT - RW yang praktikal seperti buku ini," ujarnya.

Buku inspiratif tersebut disusun ringkas dalam 74 halaman dan diterbitkan oleh Nas Media Pustaka tahun 2022. Buku Lokal Hero juga bisa didapatkan secara daring dalam format digital melalui Aplikasi Google Play Books dengan link : https://play.google.com/store/books/details?id=JK94EAAAQBAJ

Bagi para Pengurus RT dana tau RW yang tertarik ikut sharing dapat bergabung dengan mendaftarkan diri melalui link bit.ly/daftar-lokalhero atau dapat langsung bergabung melalui link zoom : bit.ly/local-he

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut