get app
inews
Aa Read Next : KKP Genjot Investasi Sektor Perikanan Tuna, Potensi di Jawa Timur Sangat Besar!

500 RW Ikut Lomba Surabaya Smart City 2022, Awas Inovasi Ekonomi Kerakyatan Jadi Penilaian

Rabu, 31 Agustus 2022 | 11:05 WIB
header img
Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya telah mengumumkan 500 RW di Kota Pahlawan yang akan mengikuti lomba Surabaya Smart City (SSC). Foto iNewsSurabaya/ist

SURABAYA iNews.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya telah mengumumkan 500 RW di Kota Pahlawan yang akan mengikuti lomba Surabaya Smart City (SSC) Tahun 2022.

Kepala DLH Kota Surabaya, Agus Hebi Djuniantoro mengatakan, kali ini SSC telah melakukan penilaian dan workshop tahap pertama. Sebab, selama dua tahun terakhir, kegiataan SSC sempat terhenti akibat pandemi Covid-19. Maka, pada perhelatan tahun 2022, animo masyarakat sangat meningkat, yakni diikuti oleh 1.360 RW di seluruh Kota Pahlawan.

“Kemudian kita lakukan penyaringan secara administrasi, ada 700 RW. Pada penilaian tahap pertama, kami melakukan penyaringan kembali menjadi 500 RW. Jadi, 500 RW inilah yang kami berikan workshop mengenai lingkungan,” kata Hebi sapaan akrabnya.

Hebi menjelaskan, workshop tersebut tidak hanya membahas tentang lingkungan saja. Melainkan upaya penanganan limbah sampah hingga pembuatan IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah) komunal. Karena fokus SSC tahun 2022 ini, merupakan kesehatan, lingkungan dan pendidikan, tetapi juga mengurangi kemiskinan dan pengangguran di Kota Surabaya.

“Bagaimana menghubungkan lingkungan dengan ekonomi kerakyatan, sehingga berjalan beriringan. Workshopnya juga demikian, tentang cara mengolah, mengenal karakteristik sampah, dan menghitung sampah. Maka, bisa menimbulkan dampak positif dari segi ekonomi,” jelas dia.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut