get app
inews
Aa Read Next : Sempat Ditolak 13 Kali, Roy Jadi Wisudawan Berprestasi Unair

Temuan Akademisi Unair Curi Perhatian Dunia

Rabu, 17 November 2021 | 09:01 WIB
header img
dr. Muhammad Miftahussurur. (Foto: Dok Pribadi)

SURABAYA, iNews.id - Akademisi Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, dr. Muhammad Miftahussurur, berhasil mencuri perhaian dunia.

Bahkan Expertscape World Expert menempatkan dr. Muhammad Miftahussurur, pada top 0,1% peneliti yang menulis tentang Helicobacter pylori. Miftah sendiri merupakan satu-satunya peneliti dari Indonesia yang menerima penghargaan tersebut.

Alumnus Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Airlangga (UNAIR) ini mengatakan, ia mulai mempelajari Helicobacter pylori sejak tahun 2011. Dalam kurun waktu 10 tahun melakukan penelitian, Miftah menghasilkan 98 publikasi terindeks Scopus. 

Di mana 80 di antaranya membahas mengenai Helicobacter pylori. Sehingga tak heran jika Expertscape menyebutnya sebagai “Pakar Dunia”.

“Saya kaget tapi Alhamdulillah masih katut. Walaupun ini tidak mencerminkan kesemua hal tentang pylori, tetapi saya merasa daftar itu cukup adil karena saya lihat di urutan 1, 2, dan 3 memang itulah ahli pylori dunia,” katanya.

Saat meneliti bakteri pylori, dr Miftah mengaku pernah harus mengumpulkan 1.000 orang. Hal itu demi mendapatkan 100 bakteri. Dia mulai berkeliling Nusantara sambil membawa alat endoskopi.

Miftah melanjutkan, di Indonesia sendiri bakteri pylori tinggi hanya pada etnik tertentu. Di antaranya Suku Batak, Bugis, Papua, dan Timor. 

Sedangkan suku dominan seperti Jawa, Sunda, atau Melayu mempunyai prevalensi bakteri pylori yang rendah bahkan hanya di angka dua persen. 

Angka dua persen, kata dia, artinya dari 100 orang hanya dua orang yang positif. Dibandingkan dengan Suku Batak yang mencapai 40 persen atau Suku Bugis yang sekitar 38 persen.

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut