get app
inews
Aa Read Next : Viral! Mahasiswi UNESA Dilecehkan, Kampus Godok Sanksi Berat Bagi Pelaku

Sinopsis Film Hari yang Gelap Perlawanan Arek-Arek Suroboyo Terhadap Pelecehan Seksual

Rabu, 07 September 2022 | 08:26 WIB
header img
Para sineas film pendek "Hari yang Gelap" saat gala premier di Surabaya. Foto: iNewsSurabaya.id/Ahmad Mukti

SURABAYA, iNews.id - Sebagai anak tunggal yang lahir di keluarga kelas menengah, orang tua Juli berupaya keras untuk bisa memanjakan dan memenuhi semua kebutuhan material Juli, meskipun hal tersebut mengakibatkan renggangnya komunikasi di keluarga mereka. 

Hingga pada suatu hari, keluarga itu dihadapkan pada situasi dimana tuntutan pekerjaan orang tua Juli memaksa mereka untuk mulai melibatkan orang luar demi bisa mengurus Juli. 

Malapetaka pun terjadi. Hari itu, keluarga Juli harus menghadapi kejadian buruk yang tak pernah mereka bayangkan sebelumnya.

Itulah sinopsis film pendek "Hari yang Gelap" garapan sutradara Presario Qalam. Karya yang diinisiasi oleh Kreasitama Foundation yang secara kreatif dibidani sepenuhnya oleh siswa Kelas XI tersebut, diangkat dari ide yang dikembangkan dari problema aktual masyarakat hari ini.

 

Presario Qalam menuturkan, bahwa kasus pelecehan dan kekerasan seksual seolah tidak ada hentinya terus terjadi di masyarakat akhir-akhir ini. 

"Mirisnya, sebagian besar korban masih berstatus dibawah umur atau usia pelajar," ujarnya.

Presario melajutkan, meskipun narasi perlawanan terhadapan tindakan kriminal ini sudah gencar di kalangan pemerhati, pegiat, aktivis ataupun masyarakat dewasa, ternyata belum cukup.

"Sebab, telah terbukti anak usia pelajar sebagai kelompok rentan, juga perlu diberi ruang bersuara. Hal ini bertujuan mensinergikan komunikasi sosial agar dapat mempersempit ruang gerak pelaku tindak kejahatan tersebut," tegasnya.

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut