get app
inews
Aa Read Next : IKA Unair Resmi Dirikan Chapter Australia, Jejaring Global Alumni Terus Berkembang

Aplikasi G-Friendly Siap Bantu Tangani Kekerasan Seksual

Jum'at, 19 November 2021 | 17:07 WIB
header img
Aplikasi G-Friendly terintegrasi langsung dengan pihak Kepolisian, P2TP2A, Kemen PPPA, dan Komnas Perempuan. (Foto: iNewsSurabaya/HO)

SURABAYA, iNews.id - Satu lagi inovasi anak bangsa hadir ke publik. Kali ini ada aplikasi penanganan kekerasan seksual bernama G-Friendly.

Aplikasi berbasis android tersebut merupakan karya mahasiswa Fakultas Vokasi (FV) Universitas Airlangga (Unair) Surabaya.

Salah satu tim penggagas G-Friendly, Dinda Sumarti, mengatakan karyanya memiliki empat fitur utama. Terdiri dari fitur outlook, reportase, pendampingan dan konsultasi, serta EC Button yang berfungsi sebagai tombol darurat.

Ia menjelaskan, didalam fitur outlook, pengguna dapat dengan mudah menemukan informasi terkait undang-undang kekerasan seksual. Data statistik perkembangan kasus kekerasan seksual juga bisa diakses. 

Kecanggihan lainnya, pengguna bisa dengan mudah melaporkan kasus kekerasan seksual. Begitu data user tervalidasi, maka laporan akan langsung diproses oleh lembaga negara terkait.

Satu lagi yang menarik, kata Dinda, G-Friendly mampu membuat panggilan darurat, hingga melacak lokasi korban. 

“Kami juga menambahkan fitur pendampingan dan konsultasi. Di mana nantinya aplikasi akan menghubungkan pengguna dengan pengacara sebagai pendamping dalam proses hukum. Di fitur ini pengguna juga bisa mendapatkan rekomendasi konsultasi psikolog daring,” terangnya, Jumat (19/11).

Mahasiswa Prodi D3 Administrasi Perkantoran ini memastikan, bahwa aplikasi G-Friendly  terintegrasi langsung dengan pihak Kepolisian, P2TP2A, Kemen PPPA, dan Komnas Perempuan. 

Tim Glorya juga menggandeng organisasi Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dalam penyebarluasan dan pengoptimalan manfaat aplikasi. 

“Aplikasi ini didesain user friendly, jadi masyarakat mudah menggunakannya. Adanya edukasi dan sosialisasi dari organisasi PKK dapat memudahkan masyarakat dalam memahami cara kerja aplikasi,” kata dia.

Dinda dan tim berharap, meskipun saat ini Aplikasi G-Friendly baru dibuat rancang bangunnya saja, mereka ingin terus mengembangkan aplikasi tersebut. Sehingga karyanya bermanfaat dan bisa ikut andil dalam penanganan kasus kekerasan seksual di Indonesia. 

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut